WHO: Terbukti Virus Zika Sebabkan Gangguan Neurologis
Kesehatan

WHO: Terbukti Virus Zika Sebabkan Gangguan Neurologis

Virus Zika menyebabkan gangguan neurologis

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan semakin kuat bukti bahwa virus Zika menyebabkan gangguan neurologis. Adapun gangguan neurologis yang disebabkan oleh virus Zika meliputi microcephaly yang menyebabkan kelainan ukuran kepala pada bayi baru lahir dan sindrom Guillain-Barre yang mengakibatkan kelumpuhan.

Bahkan kabar terbaru menyebutkan sebanyak 47 negara melaporkan penularan virus Zika. Sebanyak sembilan dari 47 negara melaporkan kemungkinan hubungan antara virus Zika dengan dua gangguan neurologis tersebut. Dimana sebagian besar negara yang memberikan keterangan hubungan virus Zika dengan microcephaly dan sindrom Guillain-Barre berasal dari Amerika Latin.

Baca : Hubungan Virus Zika dan Microcephaly yang Harus Anda Cermati

WHO mengatakan sebanyak 641 kasus di Brazil dicurigai memiliki keterkaitan antara virus Zika dengan microcephaly. Hal ini dibuktikan karena perempuan yang mengandung virus Zika telah melahirkan bayi dengan kelainan microcephaly.

WHO: Terbukti Virus Zika Sebabkan Gangguan Neurologis

Sejauh ini, bukti terkuat berasal dari studi di Polinesia Prancis. Bruce Aylward, direktur eksekutif WHO untuk wabah dan keadaan darurat kesehatan menegaskan adanya hubungan antara sindrom Guillain-Barre dengan virus Zika.

 

“Apa yang mereka temukan adalah 100 persen penderita Guillain-Barre memiliki bukti infeksi dan itu adalah bukti terkuat sejauh ini bahwa hubungannya mungkin kausal.”

Dia juga mengatakan para ilmuwan telah mempelajari kasus yang terjadi sejak tahun 2013 dan 2014. Masih menurut Aylward, risiko tertular Guillain-Barre terbilang sangat rendah, hanya sekitar satu dari 5.000 orang yang terinfeksi.

Sindrom Guillain-Barre biasanya akan menyebabkan kelumpuhan pada anggota tubuh bagian bawah, akibatnya orang tidak bisa berjalan. Meskipun gangguan neurologis ini berlangsung sangat cepat, namun diketahui bahwa sebagian besar orang dapat kembali pulih.

Baca : Bagaimana Sains Memberantas Nyamuk Si Vektor Penyakit

WHO: Terbukti Virus Zika Sebabkan Gangguan Neurologis

Dia juga melaporkan, berdasarkan temuan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) yang memberikan lebih banyak bukti kemungkinan keterkaitan hubungan antara Zika dengan mikrocephaly. Dikabarkan CDC sudah mengikuti sembilan kasus perempuan hamil yang terinfeksi virus Zika dan tiga diantaranya melahirkan bayi dengan ganguan neurologis microcephaly.

Hal ini semakin menguatkan bukti keterkaitan antara virus Zika dengan ganguan neurologis. Bukan hanya gangguan neurologis yang berkaitan dengan Sindrom Guillain-Barre namun juga kemungkinan hubungannya dengan kasus microcephaly.

 

Baca Juga :

Tahukah Anda, Kelelawar Adalah Inang 60 Virus Berbahaya Penginfeksi Manusia
Tragis, 6 Ilmuwan Ini Tewas Ditangan Temuannya Sendiri
Fakta Unik Dibalik Makanan dan Minuman Berkafein