Warna Biru Terbaru Ditemukan Setelah 200 Tahun Lamanya
Sains

Warna Biru Terbaru Ditemukan Setelah 200 Tahun Lamanya

Warna biru terbaru

Apa yang terlintas di benakmu jika mendengar kata warna? Pasti langsung terbayang berbagai macam warna. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), salah satu arti kata warna adalah kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya. Warna apa yang paling kamu suka? Dikutip dari sains.kompas.com, setelah 200 tahun lamanya ditemukan warna biru terbaru. Seperti apa warna birunya, dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.

Warna Biru Terbaru Ditemukan Setelah 200 Tahun Lamanya

Selama ini, variasi warna biru yang ada seperti navy, cyan, indigo, ultramarine, dll. Variasi warna biru terakhir yang ditemukan adalah biru cobalt pada tahun 1802. Setelah 200 tahun, akhirnya seorang pakar kimia menemukan pigmen warna biru terbaru yang diberi nama biru YinMn.

Baca : Rahasia Warna Hitam-Putih Pada Tubuh Panda

Subramanian adalah orang yang berhasil menemukan warna biru terbaru ini dengan tidak sengaja. Ia mengatakan kejadian tersebut sebuah kecelakaan yang menyenangkan karena mereka tidak mencarinya. Disebut kecelakaan karena seorang siswa di laboratoriumnya menggabungkan yttrium, indium, dan oksida mangan diatas api. Setelah campuran tersebut menyatu dan ditarik keluar, warnanya telah berubah menjadi biru yang cerah. Setelah itu, warna tersebut langsung dipatenkan oleh Laboratorium Subramanian.

 

Sebuah perusahaan orangtua dari Crayola yaitu Shepherd Color Company ingin membeli izin menggunakan warna biru YinMn itu sebagai anggota warna terbaru mereka.

 

Pigmen warna biru yang diproduksi dengan suhu tinggi tersebut tidak bereaksi jika dipanaskan, didinginkan, atau dicampur dengan air atau asam. Kestabilannya tersebut membuat warna biru YinMn sangat sesuai digunakan sebagai bahan pewarna.

 

Shepherd Color Company hanya butuh izin dari administrasi makanan dan obat-obatan Amerika Serikat untuk memulai produksi dan memasarkannya. Warna tersebut akan menggantikan krayon kuning dandelion yang akan pensiun pada Maret mendatang.

Warna Biru Terbaru Ditemukan Setelah 200 Tahun Lamanya

Baca : 4 Ilmuwan Wanita yang Mengguncang Dunia

“Kita berusaha untuk menjaga agar palet warna kita inovatif dan sesuai tren. Itulah sebabnya kita sangat senang untuk memperkenalkan krayon biru baru yang terinspirasi oleh pigmen YinMn”, kata Smith Holland (CEO dan Presiden Crayola)

Warna Biru Terbaru Ditemukan Setelah 200 Tahun Lamanya

Betapa menyenangkannya melihat berbagai macam warna yang ada selama ini. Warna termasuk bagian yang sangat penting dalam berbagai ilmu, contohnya ilmu grafis. Apakah kamu tertarik untuk menciptakan warna baru sesuai karaktermu? Tetap semangat untuk mencapai segala impianmu dan bersyukurlah karena masih bisa melihat warna-warna indah yang ada di dunia ini ^_^

 

Sumber : sains.kompas.com

 

Baca Juga :

Waspadai Dehidrasi! Cek Warna Urin Anda Sekarang!
Apa Gas Sarin Itu Sebenarnya?
10 Makanan Sumber Vitamin C Yang Gak Kamu Sangka
Banner