Berita

Vaksin TORCH Sangat Dianjurkan Sebelum Menikah

Apa itu  Vaksin TORCH?

TORCH adalah kependekan dari Toksoplasmosis, Others atau penyakit lainnya, Rubella (campak Jerman),Cytomegalovirus, dan Herpes. Vaksin TORCH merupakan vaksin yang di berikan kepada wanita yang bertujuan untuk mencegah serangan beberapa jenis penyakit, khususnya selama kehamilan. Jenis penyakit yang dapat di timbulkan oleh  TORCH Antara lain termasuk HIV, hepatitis, varicella (cacar air), dan parvovirus. Namun penyakit ini juga sering disebu TORCHS karena juga selalu di kaitkan dengan penyakit sipilis.

Sementara vaksin TORCH adalah tindakan pencegahan yang diberikan agar seseorang tidak terserang keempat jenis penyakit tersebut. Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, vaksin TORCH adalah salah satu jenis vaksin yang sebaiknya didapatkan oleh setiap wanita.

4 Mutasi Gen Paling Aneh di Dunia

Efek samping yang terjadi karena TORCH khusnya terhadap janin umumnya bergantung seberapa parah infeksi virus yang berkembang dan seberapa lama ia berada dalam tubuh si penderita.  Selain itu virus lain yang menginfeksi juga akan menimbulkan masalah yang berbeda-beda.

Di anatranya infeksi yang akan ditimbulkan terjadinya infeksi toxoplasmosis  sehingga menyebabkan bayi mengalami penurunan penglihatan, retardasi mental, masalah pendengaran, dan kejang. Sedangkan infeksi rubella menyebabkan penderita TORCH akan mengalami penyakit jantung, masalah penglihatan dan pertumbuhan terlambat.

Mengapa wanita sangat dianjurkan untuk vaksin TORCH?

Karena Ibu nantinya akan mengandung dan melahirkan anak, sementara TORCH yang berkembang dalam darah akan terus mengalami pertumbuhan. Sehinga akan berakibat buruk bagi perkembangan janin dan terhadap bayi yang di kandungnya.

Kondisi ini tentu berbahaya, karena sistem kekebalan tubuh janin biasanya tidak mampu melawannya sehingga bisa membuat organ tubuhnya tidak berkembang sempurna. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa sampai berakibat fatal.

Baca Juga:

Jerawat Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Mengapa ASI Dapat Lindungi Bayi dari Infeksi Bakteri Kebal Antibotik ?


Sumber: www.healthline.com

Banner