Unik! Ikan Ini Bisa Memanjat dan Berjalan Di Darat!
Pojok Labsatu

Unik! Ikan Ini Bisa Memanjat dan Berjalan Di Darat!

Ikan unik

Terbayang dong, bagaimana anehnya seekor ikan berjalan di darat? Apalagi memanjat pohon? Apakah ikan tersebut punya tangan dengan jemari yang lengkap layaknya manusia? Ikan identik dengan air dan hidupnya yang berenang. Bukan berjalan apalagi memanjat pohon. Namun beda halnya dengan ikan unik yang satu ini. Ikan ini bukan hanya memiliki kemampuan bertahan lama di darat namun bisa berjalan dan memanjat.

Unik! Ikan Ini Bisa Memanjat dan Berjalan Di Darat!

Keahlian yang dimiliki ikan unik yang satu ini didukung oleh kemampuannya dalam adaptasi respiratorik dan morfologis. Ikan yang terkenal dengan nama ikan gelodok ini bersifat amphibious yaitu mampu bernapas melalui kulit tubuhnya.

Di samping itu, ikan ini juga menyimpan sejumlah air di rongga insangnya yang membesar. Hal tersebut memungkinkan insang selalu terendam dan tetap berfungsi selagi berjalan di darat.

Baca : Mekanisme Pembelahan Sel Dalam Cacing

Sementara itu, kemampuannya dalam berjalan bahkan memanjat ini didukung oleh kekuatan otot pada pangkal sirip dadanya sehingga sirip dapat ditekuk dan berfungsi layaknya lengan.

Aktifitas berjalan bahkan memanjat di darat ini dilakukan hanya ketika ekosistem mangrove tengah surut. Saat air pasang, ikan gelodok biasa menggali lubang di lumpur sebagai sarang dan tempat bersembunyi dari predatornya. Lubang ini seperti terowongan bawah tanah yang bercabang-cabang, berisi air dan sedikit udara.

Unik! Ikan Ini Bisa Memanjat dan Berjalan Di Darat!

Tampang ikan yang memiliki nama lain tempakul atau gabus laut ini sangat khas. Terutama dibagian kedua matanya yang menonjol di atas kepala seperti mata kodok dan siripnya yang menawan. Tempakul biasanya memanjat akar-akar pohon mangrove, melompat jauh dan berjalan di atas lumpur. Bahkan sesekali nampak berjalan di atas air sebelum akhirnya menyelam.

Belum banyak yang mengetahui apa manfaat dari ikan pemanjat ini. Namun dipercayai bahwa ikan ini dapat digunakan sebagai obat diabetes. Bahkan di Tiongkok dan Jepang dijadikan sebagai obat tradisional untuk memperkuat janin.

Kamu tertarik dengan keunikan dan ingin menggali lebih jauh manfaat ikan ini dalam dunia kesehatan. Mungkin Kamu bisa meneliti lebih jauh tentang khasiatnya sebagai obat diabetes dan memperkuat janin. Apa yang terkandung dalam ikan gelodok ini sehingga ia sangat baik untuk pankreas dan kandungan.

Unik! Ikan Ini Bisa Memanjat dan Berjalan Di Darat!

Baca : Ternyata Ada ‘Ulat’ Berkaki 8 Di Wajah Semua Manusia?!

Ikan yang termasuk dalam suku Gobiidae ini juga mendapat julukan Mudskipper atau si peloncat lumpur. Hal ini sesuai dengan habitatnya yang memang hanya ditemukan di kawasan intertidal berlumpur (daerah yang masih terpengaruh oleh pasang surut air laut). Daerah yang memiliki karakteristik tersebut adalah ekosistem mangrove.

Meskipun demikian, jangan berharap ikan unik ini ditemukan di kawasan mangrove yang ada di Jakarta ya. Beda dengan saat ini, dahulu ikan gelodok masih dapat dijumpai saat kawasan mangrove Jakarta masih belum tercemar oleh limbah sampah. Kawasan terdekat dari Jakarta dan masih bisa ditemui ikan seperti ini tepatnya ada di teluk Banten.

Baca Juga :

Menguak Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan
Ingin Langsing dan Awet Muda? Lakukanlah Hal Ini!
8 Tokoh Penting yang Populer karena Rokok