Artikel Pilihan

2 Tips Mencegah Maag Saat Berpuasa Supaya Tidak Kambuh

2 Tips Mencegah Maag Saat Berpuasa Supaya Tidak Kambuh My rating: 4 out of 5

Mencegah Maag Saat Berpuasa Supaya Tidak Kambuh

Meskipun melakukan ibadah puasa merupakan salah satu bentuk terapi kesehatan, Namun ada saja penyakit yang akan rentan kambuh saat berpuasa. Maag merupakaan salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang terbilang mudah untuk disembuhkan namun juga bisa susah jika sudah kronis.

Gejala maag yang ditandai dengan nyeri dan mual pada lambung sangat memungkinkan penderitanya untuk batal saat berpuasa. Akan tetapi maag bukanlah halangan serius yang memungkinkan Anda tidak maksimal saat ibadah puasa jika Anda tahu cara mengatasinya agar maag tidak kambuh saat berpuasa. Berikut labsatu menyajikan tipsnya untuk Anda:

Sahur Akhir Waktu dan Buka Awal Waktu

Dalam agama Islam sahur sangat dianjurkan sebelum Anda melaksanakan puasa bahkan sunahnya di akhir malam sebelum waktu imsak. Dengan sahur yang teratur mungkinkan untuk Anda mencegah terjadinya maag yang kambuh. Umumnya maag kambuh terjadi sekitar pukul 10 sampai 12 siang, maka dari itu sangat dianjurkan untuk Anda penderita maag untuk tak melewatkan sahur dan usahakan untuk tidak memakan makanan yang memicu maag anda kambuh.

Buka di awal waktu juga sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami maag, dan usahakan memakan makanan yang manis dan menyehatkan. Sesibuk apaapun Anda cobalah luangkan waktu untuk berbuka puasa di awal waktu.

Makan makanan Manis dan Kaya Akan Serat

Saat berbuka puasa jika memakan makanan manis yang tidak sehat dan hanya mengandung karbohidrat sederhana, Anda akan cepat merasa lapar. Hal tersebut juga meningkatkan nafsu makan Anda. Untuk itu, kurma sangat diperlukan untuk awal berbuka agar tubuh kita langsung mendapatkan energi yang dibutuhkan tanpa perlu memakan makanan yang berlebih. Gula alami yang terdapat pada kurma akan segera ditransfer ke liver dan diubah menjadi energi lebih cepat dari nutrisi lainnya.

Dari kedua kegiatan diatas baik saat Anda sahur dan berbuka puasa sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan sayuran. Mengapa demikian? terutama saat Anda sahur makanan kaya akan serat bermanfaat untuk memperlambat perut yang kosong. Karena jika lambung penderita maag kosong, sehingga asam lambung Anda bisa  membuat iritasi pada dinding lambung, perih dan resiko maag kambuh.

Umumnya, makanan pertama yang sering terlintas dalam pikiran ketika kita setelah mendengar kata Ramadan adalah: kurma. Namun selain kurma, ada beberapa makanan yang sangat baik dikonsumsi selama berpuasa untuk membantu tubuh kita tetap bernenergi dan terhidrasi. Berikut daftar sepuluh makanan sehat yang dapat membuat tubuh kita tetap bernergi dan terhidrasi selama berpuasa.

10 Makanan Yang Membuat Kita Tetap Berenergi dan Terhidrasi Selama Berpuasa


Menarik dan bermanfaat. temukan lebih banyak Fakta Sains Dari #LabsatuFaktaSains di sini

Dan jika kamu membutuhkan alat Laboratorium dan bahan uji lainnya bisa kamu temukan di Labsatu.com

Logo Labsatu

Banner