Artikel Pilihan

Tiba-tiba Merasa Kulit Lebih Sakit Saat Di Sentuh Waspadai Penyakit Ini

Tiba-tiba merasa kulit Anda lebih sensitif padahal oleh sentuhan ringan dan tidak seperti dari biasanya. Anda mungkin akan  merasakan sentuhan lembut namun dirasa sangat menyakitkan. Atau  Anda juga mungkin merasa sakit saat sedang menyikat gigi atau gerakan lain di sepanjang kulit atau bahkan saat Anda menyisir rambut.

Dalam beberapa kasus hal ini sering ditemukan dan di beri nama allodynia. Allodynia sendiri merupakan rasa sakit yang tidak wajar yang diakibatkan Karena adanya kerusakan atau gangguan fungsi dalam saraf. Ganguan pada sistem saraf pusat atau tepi  yang seharusnya membantu meneruskan sinyal sentuhan dari kulit ke otak. Akibatnya terjadi kesalahan informasi yang di sampaikan saraf ke otak dimana seharusnya sentuhan sederhana diterjemahkan sebagai sesuatu yang wajar atau menenangkan malah disalahpahami otak sebagai sentuhan yang membahayakan. Maka, timbullah nyeri.

Ada tiga jenis utama dari allodynia, yaitu:

  • Allodynia taktil merupakan rasa sakit yang disebabkan oleh sentuhan. Ini bisa termasuk pakaian yang menempel langsung pada kulit (terutama bagian pakaian yang lebih ketat, seperti ikat pinggang, tali bra, atau karet kaus kaki di pergelangan kaki)
  • Allodynia mekanis disebabkan oleh pergerakan atau gesekan di kulit. Ini bisa terjadi saat Anda mengeringkan badan dengan handuk, menggosok badan saat mandi, atau bahkan udara yang berhembus atau bergerak di atas kulit Anda.
  • Allodyna termal disebabkan oleh perubahan suhu ekstrem (sangat panas atau sangat ingin) sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan Anda. Jika tangan dan kaki Anda menjadi biru saat kedinginan, sebaiknya segera bicarakan dengan dokter Anda. Ini mungkin merupakan gejala dari kondisi yang berbeda yang disebut Sindrom Raynaud.

Lalu apa penyebab penyakit ini?  Allodynia  itu sendiri bukanlah penyakit yang berdiri sendiri namun lebih sebagai sindrom. Faktor risiko terjadinya allodynia termasuk fibromyalgia, sakit kepala migrain, neuropati perifer.

Waspada Dalam Memanaskan Makanan Untuk Sahur

Makan Yoghurt Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Banner