Tanaman Terpedas di Dunia Ini Cikal Bakal Obat Penghilang Rasa Sakit
Sains

Tanaman Terpedas di Dunia Ini Cikal Bakal Obat Penghilang Rasa Sakit

Tanaman Terpedas di Dunia 

Euphorbia resinifera atau yang juga dikenal sebagai spurge resin merupakan tanaman sejenis kaktus yang mengandung senyawa yang sangat pedas. Tanaman ini mengandung bahan aktif resiniferatoxin (RTX) yang sangat pedas.

Kepedasan senyawa ini melebihi cabai terpedas di dunia. Kepedasan senyawa RTX 10.000 kali lebih pedas dari lada terpedas sedunia dalam skala yang digunakan untuk mengukur rasa pedas. Meskipun memiliki tingkat kepedasa yang tinggi, ternyata senyawa RTX dapat menjadi obat penghilang rasa sakit di masa depan.

Dikutip dari WIRED, para peneliti di seluruh dunia sangat tertarik untuk mengembangkan senyawa RTX sebagai obat penghilang rasa sakit. Para peneliti telah menemukan bahwa, ketika disuntikkan ke dalam tubuh, zat kimia itu mengikat TRPV1 yaitu sebuah molekul yang ditemukan di ujung saraf yang berfungsi untuk merasakan rasa sakit. Senyawa tersebut membuka saluran di saraf yang mengakhiri kalsium yang kemudian dapat mengalir. Kelebihan kalsium ini menonaktifkan saraf penginderaan nyeri tanpa mempengaruhi neuron sensorik lain, seperti yang memungkinkan seseorang merasakan sentuhan ringan.

Baca : Bersentuhan Dengan Bunga Ini Dapat Menimbulkan Luka Bakar !

Peneliti RTX Michael Ladarola telah menguji RTX pada anjing. Kemudia Ladarola menyuntikkan zat kimia tersebut ke lutut hewan untuk mengurangi nyeri sendi, dan hasil yang diperoleh cukup menjanjikan.

Selain efektif menghilangkan rasa sakit, RTX juga memiliki banyak manfaat dibandingkan obat penghilang rasa sakit yang ada saat ini. Konsumsi RTX sebagai penghilang rasa sakit tidak perlu dilakukan beberapa kali. Selain itu, senyawa ini hanya menargetkan area yang menyebabkan rasa sakit, dan tidak menghasilkan efek kecanduan yang tinggi seperti obat penghilang rasa sakit saat ini.

Jika senyawa RTX telah tersedia secara luas untuk digunakan oleh masyarakat maka dapat menggantikan penggunaan opioid sebagai obat penghlang rasa sakit yang banyak digunakaan saat ini. Hal itu dapat membantu masyarakat mengatasi masalah kecanduan opioid.

 

Sumber : futurism.com

 

Baca Juga : 

4 Tanaman Beracun yang Ada di Sekitar Kita

Tanaman Pembunuh Hama sebagai Pengganti Penggunaan Pestisida Kimia

Peneliti MIT Ciptakan Nanopartikel yang Membuat Tanaman Bercahaya Seperti Lampu

Banner