Tanaman Tebu Menyimpan Manfaat Dari Berbagai Sisi
Kesehatan

Tanaman Tebu Menyimpan Manfaat Dari Berbagai Sisi

Tanaman tebu

Tanaman tebu adalah tanaman yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula dan vetsin. Tebu memiliki kandungan manis yang sangat tinggi pada bagian batangnya. Tanaman tebu menyimpan banyak manfaat dibalik rasa manisnya yang khas. Manfaat tanaman ini tidak hanya dari sisi kesehatan melainkan dari berbagai sisi seperti dari sisi industri, sisi konsumsi rumah tangga, sisi pertanian dan peternakan.

Tanaman tebu atau sugar cane hanya dapat tumbuh di iklim tropis. Tebu memiliki banyak jenis dan varietasnya, mulai dari tebu kuning, tebu merah dan tebu lainnya. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Untuk memanen tebu tidak berpengaruh pada musim. Pada musim pancaroba pun hasil panen tebu tetap memuaskan.

Tanaman Tebu Menyimpan Manfaat Dari Berbagai Sisi

Secara morfologi, tebu dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu akar, batang, daun dan bunga. Tanaman tebu memiliki banyak kandungan gizi. Sari tebu mengandung fosfor, zat besi, kalsium, kalium dan magnesium.

Berbagai macam manfaat tebu dari berbagai sisi :

Kesehatan

1.Mencegah dan mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning sebagaimana yang kita tahu disebabkan karena bilirubin yang berlebihan di dalam darah sehingga kulit menjadi kuning. Penyakit ini lama kelamaan akan menyerang hati sehingga akan mengganggu kinerja hati. Untuk pengobatan, minum dua gelas jus tebu dalam sehari. Sari tebu segar tersebut dicampurkan dengan jeruk nipis dan garam. Kandungan tebu memulihkan hati yang lemah karena penyakit kuning.

2.Mencegah stroke

Mengonsumsi jus tebu secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena tubuh terhidrasi dengan baik. Hal itu membuat sari tebu dapat mencegah stroke.

3.Mengatasi kerusakan pada gigi dan gusi

Kandungan zat dalam cairan tebu membantu gigi dan gusi Anda lebih sehat dan kuat. Sari tebu murni ada baiknya diminum dengan mencampurnya dengan garam dan jeruk nipis. Kandungan mineral pada tebu yang efektif untuk mengatasi kerusakan pada gigi. Mineral tersebut juga membantu menguatkan struktur gigi dan membuat gigi lebih putih.

4.Mencegah kanker

Air yang ada pada batang tebu mengandung antioksidan yang tinggi yang bersifat alkali. Hal itulah yang membuat sari tebu juga dapat melawan kanker. Penelitian terbaru juga menemukan adanya kandungan flavonoid yang dapat melawan kanker.

Baca : Sabut Kelapa Menjadi Solusi Untuk Atasi Ancaman Gagal Panen

5.Menurunkan demam

Tebu merupakan tanaman yang mempunyai segudang vitamin dan protein. Demam yang mengakibatkan suhu tubuh meningkat dapat diatasi dengan meminum sari tebu murni. Sari tebu tersebut dapat mengembalikan tenaga yang hilang saat demam dan menurunkan suhu tubuh.

Tanaman Tebu Menyimpan Manfaat Dari Berbagai Sisi

6.Mengatasi batu ginjal

Batang tanaman tebu mengandung protein yang membantu ginjal menyaring cairan. Penyakit ini sering juga disebut infeksi saluran kemih yang mengakibatkan timbul rasa sakit saat buang air kecil bahkan ada yang hingga berdarah. Sari tebu dapat membantu untuk meluruhkan batu ginjal. Segelas jus tebu dengan lemon dan air kelapa bisa menjadi campuran yang efektif untuk mengatasi masalah saluran kemih. Minumlah campuran tersebut dua kali sehari secara rutin untuk hasil maksimal.

7.Mengatasi masuk angin

Daun tebu bermanfaat untuk mengatasi masuk angin. Rebus kira-kira 3 helai daun tebu hingga mendidih dan minum saat hangat. Minumlah rebusan daun tebu tersebut 3 kali dalam sehari secara rutin.

8.Baik untuk penderita diabetes

Tebu mengandung sukrosa dengan indeks glikemik rendah. Hal tersebut membantu menjaga kadar gula darah terkendali. Sari tebu juga dapat dimanfaatkan penderita diabetes sebagai pemanis alami yang diolah menjadi gula mentah atau pemanis buatan.

9.Mengatasi mimisan

Rebus bagian paling ujung tebu dengan air secukupnya, lalu campurkan garam dan gula jawa. Saring air dari campuran tersebut saat sudah mendingin dan segera minum.

10.Mengobati pilek dan sakit tenggorokan

Jika tenggorokan Anda terasa gatal atau iritasi, minumlah segelas jus tebu dengan sedikit campuran jeruk nipis dan garam. Campuran tersebut dapat meredakannya. Jika Anda berpikir air tebu berbahaya untuk tenggorokan itu salah besar karena air tebu dapat mengatasi masalah pilek,radang, sakit tenggorokan juga flu. Hal itu karena jus tebu mengandung vitamin C dan antioksidan yang menangkal virus dan bakteri.

11.Meredakan rasa nyeri

Jika rasa nyeri menyerang seperti radang perut, minumlah segelas air tebu untuk mengatasinya.

Baca : Cara Menanam Pohon Cokelat Yang Baik dan Benar

12.Mengatasi dehidrasi

Kurang minum tentunya akan mengakibatkan dehidrasi. Hal itu tidak baik bagi kesehatan. Jika Anda susah memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda, minum segelas jus tebu dapat mengatasi dehidrasi tersebut. Saat musim panas pun, sari tebu dapat mendinginkan suhu tubuh Anda. Tidak hanya memenuhi cairan tubuh, sari tebu juga dapat membantu mencukupi nutrisi dalam tubuh.

13.Mencegah penuaan dini

Tanda-tanda penuaan dapat Anda tunda dengan bantuan air tebu. Tebu mengandung antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik yang membuat air tebu menjadi pilihan yang tepat.

14.Mencegah infeksi saluran pencernaan

Kandungan lain dalam tebu yang bermanfaat adalah kalium. Kalium dalam dosis yang cukup dapat mencegah infeksi lambung. Kalium hadir untuk menyeimbangkan kadar pH dalam perut dan memfasilitasi sekresi cairan pencernaan.

15.Menjaga kesehatan berbagai organ tubuh seperti otak, kuku dan mata

Mengkonsumsi tebu secara rutin dapat menguatkan organ-organ tubuh yang penting sehingga organ dapat bekerja dengan sinkron. Untuk kuku yang rapuh dan kasar dapat diatasi dengan meminum jus tebu. Sari tebu akan memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh.

16.Menurunkan berat badan

Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh bisa menggunakan air tebu. Air tebu juga mengandung serat yang tinggi sehingga membantu untuk mengelola berat badan.

17.Meningkatkan energi

Kandungan glukosa dan eletrolit yang terdapat pada sari tebu membantu tubuh dalam proses metabolisme sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak energi. Gula yang ada pada tebu lebih mudah dicerna sehingga lebih cepat berubah menjadi energi.

Konsumsi Rumah Tangga

  • Ampas tebu yang dicampur dengan jerami, batubara, serta perekat dari tepung pati dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga. Bahar bakar ini disebut biobriket.
  • Tebu dapat diolah sedemikian rupa hingga menjadi penyedap rasa tambahan pada masakan.
  • Dibuat minuman ringan seperti jus tebu. Apalagi jika dalam cuaca panas dapat menyegarkan tubuh.

Industri

  • Bahan utama pembuatan gula. Bisa dijadikan gula batu, gula pasir, gula kristal maupun gula balok

Tanaman Tebu Menyimpan Manfaat Dari Berbagai Sisi

  • Pembuat kertas. Ampas tebu dapat diolah menjadi kertas.
  • Sebagai pembangkit listrik. Gilingan terakhir ampas tebu mengandung unsur-unsur yang dapat digunakan menjadi pembangkit energi. Energi tersebut dapat digunakan untuk proses pembuatan gula
  • Bahan pembuatan alkohol. Molase atau tetes tebu yang merupakan hasil samping dari produksi gula. Tetes tebu dapat dimanfaatkan karena kandungan gulanya yang cukup tinggi, yaitu sekitar 52%. Oleh karena itu dapat diolah menjadi alkohol.

Peternakan dan Pertanian

  • Pakan ternak. Bagian tebu yang tidak diolah dapat digunakan sebagai pakan ternak, khususnya ternak ruminansia. Apalagi tebu memang termasuk jenis rumput-rumputan.
  • Pupuk kompos. Tebu merupakan bahan organik sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembuat pupuk kompos. Menurut penelitian, pupuk kompos yang terbuat dari tebu dapat meningkatkan penyerapan nitrogen secara signifikan setelah pemakaian selama 3 bulan.

Infografis :

Tanaman Tebu Menyimpan Manfaat Dari Berbagai Sisi

Untuk menambah pengetahuanmu, hadiri acara yang diadakan oleh Indonesian Research Institute for Biotechnology and Bioindustry dengan judul :

INTERNATIONAL BIOTECHNOLOGY CONFERENCE ON ESTATE CROPS

Pada tanggal 18-20 Oktober 2017 di Nusa Dua , Bali

CP Details :

Indonesian Research Institute for Biotechnology and Bioindustry

Jl. Taman Kencana No. 1 Bogor 16128

Phone: +62 251 832 4048 / +62 251 832744

Firda (+62 856-3598-442)

Haryo (+62 812-8971-7767)

Email: info@ibcec.net.

Info lebih lanjut, silahkan klik : ibcec.net atau iribb.org

Mau dapat Harga Spesial? Daftar di sini aja :  LabSatu

 

Baca Juga :

Hutan Tropis Indonesia Sebagai Penopang Kehidupan Yang Perlu Dilestarikan
Obat Kanker Menggunakan Bumbu Dapur?
Awar-Awar, Tumbuhan Liar Penangkal Bakteri
Banner