Taman Sains Dan Teknologi Nasional LIPI Cibinong
Berita

Taman Sains Dan Teknologi Nasional LIPI Cibinong

LIPI

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merupakan lembaga riset negara berkelas dunia dalam penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan. LIPI mendapat tugas untuk melaksanakan pembuatan taman sains dan teknologi dari pemerintah. Program ini pun dijalankan lewat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan para stakeholders terkait.

Taman Sains dan Teknologi

Taman Sains dan Teknologi Nasional atau National Science Techno Park merupakan perwujudan dari program pemerintah yang dirancang untuk membantu memajukan iptek dan inovasi. Tempat tersebut merupakan kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, pusat riset dan pelatihan, kewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan daerah, dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi lebih efektif dan efisien.

Taman Sains Dan Teknologi Nasional LIPI Cibinong

Tujuan

Dikutip dari laman lipi.go.id, taman sains dan teknologi ini sudah dikembangkan dari tahun 2015 dan merupakan perluasan fungsi-fungsi Pusat Inovasi LIPI yang telah ada sejak 2001. Taman Sains dan Teknologi Nasional LIPI Cibinong merupakan langkah nyata untuk mewujudkan hirilisasi hasi-hasil riset dan tujuan pembangunan ini ada empat yaitu sebagai Pusat :

  1. Pengembangan sains dan teknologi
  2. Penumbuhan wirausaha baru di bidang teknologi
  3. Layanan teknologi ke masyarakat dan industri
  4. Pembinaan techno park atau taman tekno skala nasional
Baca juga : Bagaimana Sains Memberantas Nyamuk Si Vektor Penyakit

Walaupun usia taman ini terbilang masih muda, taman tersebut sudah dapat memfasilitasi pendirian 8 perusahaan start up, 5 lisensi teknologi, 10 teknologi termanfaatkan oleh masyarakat dan usaha mikro kecil menengah (UMKM), 14 teknologi dalam proses pengembangan, dan lebih dari 250 masyarakat dan UMKM dilatih dalam berbagai aspek pemanfaatan teknologi. Pada periode 2015-2019 ini, diharapkan dapat memfasilitasi lebih banyak lagi beberapa perusahaan start-up dan lain-lain.

Taman Sains dan Teknologi ini juga telah berperan menyiapkan paket-paket teknologi ke berbagai taman tekno daerah di seluruh Indonesia. Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain, yakin dengan dukungan dan komitmen kebijakan anggaran, maka implementasi taman tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah dan nasional.

Kunjungan Komisi VII DPR RI

Tanggal 25 April 2017 yang lalu, LIPI mendapat kunjungan dari Komisi VII DPR RI. Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan Science Briefing for Parliament di Gedung Pusat Inovasi LIPI kawasan Cibinong Science Center. Komisi VII DPR RI sangat mendukung pembangunan taman sains dan teknologi nasional ini dan menurut mereka hasil-hasil riset LIPI perlu didorong lebih kuat agar manfaatnya bisa sampai ke masyarakat.

Iskandar juga berharap melalui kegiatan ini bisa terjalin kemitraan strategis antara DPR dan LIPI dalam berbagai aspek. Salah seorang anggota komisi VII DPR RI juga mendukung kegiatan riset di LIPI maupun institusi riset lainnya karena akan berarti untuk kemajuan masa depan Indonesia.

Baca : Alat Gelas Kimia dan Fungsinya di Laboratorium

Penelitian merupakan instrumen penting dalam pembangunan negara. Sains merupakan fondasi paling penting dalam membangun ilmu pengetahuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, kata wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto. Pemahaman tentang sains oleh beberapa kalangan masyarakat belum dipahami dengan baik. Jika Indonesia dapat menerapkan kebijakan sains yang kuat seperti negara lain, maka Indonesia akan lebih maju. Semangat untuk belajar dan berkarya ^_^

Baca Juga :

5 Mitos Keliru Tentang Sains
Gita Soraya Dan Tim Mengembangkan Alat Diagnostik Parasit Malaria di Melbourne
Waspada, Ledakan Airbag Bisa Terjadi Kapan Saja

 

Banner