Gaya Hidup Sehat

Seberapa Banyakkah Anda Harus Minum Air Dalam Sehari?

Minum air dalam sehari

Air mineral atau yang biasa disebut air putih pasti sangat dibutuhkan semua orang setiap harinya untuk melepas dahaga dan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita. Namun, seberapa banyakkah Anda harus minum air dalam sehari? Sebenarnya, setiap orang mempunyai kebutuhan cairan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan atau aktivitas, jenis kelamin, iklim, usia, berat badan dan kondisi kesehatan.

Seberapa Banyakkah Anda Harus Minum Air Dalam Sehari?

Minuman Terbaik

Minuman terbaik adalah air putih karena tidak mengandung kalori, zat yang bersifat diuretik, dan tidak mengandung bahan pengawet ataupun pewarna. Dengan meminum air putih saja sudah bisa membuat anggota tubuh Anda bekerja secara maksimal. Air putih juga menurunkan suhu tubuh yang meningkat dan menurunkan berat badan.

Baca : 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Air Lemon Setiap Pagi

Berikut ini cara untuk mengetahui seberapa banyak Anda harus minum air  dalam sehari:

1.Timbang berat badan

Setiap orang mempunyai berat badan yang berbeda dan tentunya kebutuhan cairan dalam tubuhnya juga berbeda. Jika berat badan Anda 50 kg, Anda tidak perlu minum sebanyak orang yang berat badannya 80kg.

Seberapa Banyakkah Anda Harus Minum Air Dalam Sehari?

 

2.Bagi per 30

Jika berat badan Anda adalah 60 kg, Anda perlu minum air sebanyak 2 liter. Jika berat badan Anda 80 kg, Anda harus minum air sebanyak 80 : 30 = 2,67 = 2 liter 600 ml per harinya.

 

3.Perhatikan aktivitas fisik

Jika Anda rutin olahraga atau bekerja yang lebih banyak menggunakan fisik, Anda akan mengeluarkan keringat lebih banyak yang berarti cairan tubuh Anda berkurang. Oleh karena itu, Anda harus mengganti cairan tubuh Anda berdasarkan seberapa lama aktivitas fisik tersebut. Misalnya Anda melakukan olahraga selama 0,5 jam dianjurkan untuk menambah asupan air sebanyak 350 ml.

Seberapa Banyakkah Anda Harus Minum Air Dalam Sehari?

Baca : Waspada, Ledakan Airbag Bisa Terjadi Kapan Saja

4.Makanan juga mengandung air

Jika Anda harus minum sebanyak 2 liter setiap harinya, bukan berarti Anda harus minum air sebanyak itu dalam sehari. Makanan yang Anda makan juga pasti mengandung air, seperti sayuran, buah-buahan atau makanan berkuah. Sekitar 20-25% kebutuhan cairan Anda akan tercukupi lewat beberapa makanan tersebut dan sisanya tetap harus dipenuhi oleh minuman terutama air putih.

 

Seberapa Banyakkah Anda Harus Minum Air Dalam Sehari?

Untuk ibu hamil atau ibu menyusui juga berbeda kebutuhan air dalam tubuhnya. Seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi Shanty Olivia F Jasirwan mengatakan kebutuhan air bagi ibu hamil bertambah sekitar 300 ml dan untuk ibu menyusui lebih banyak yaitu sekitar 500-600 ml.

 

Kebutuhan cairan dalam tubuh memang harus dipenuhi, jika Anda kekurangan cairan tubuh akan berakibat buruk pada kesehatan Anda. Beberapa tanda jika Anda kekurangan cairan tubuh adalah lemas, sakit kepala, kurang fokus atau air urin berwarna gelap. Segala sesuatu yang berlebih pun tidak baik untuk kesehatan. Suatu penelitian menunjukkan jika minum air dalam sehari lebih dari 1500 ml dapat menimbulkan hiponatremia pada usia lanjut, yang dapat menurunkan kesadaran, kejang-kejang bahkan sampai kematian.

 

Biasakan tubuh Anda untuk cukup minum air putih setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi dan bisa melakukan kegiatan Anda dengan maksimal. Keep Health!

 

 

Baca Juga :

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari
Air Putih Bikin Kurus?! Mitos Atau Fakta?
7 Bahaya Minum Air Es
Banner