Revolusi Pengobatan Penyakit Kanker Telah Mencapai Tahap Uji Klinis
Berita

Revolusi Pengobatan Penyakit Kanker Telah Mencapai Tahap Uji Klinis

Revolusi Pengobatan Penyakit Kanker

Children’s Cancer Institute bersama Kids Cancer Centre di Rumah Sakit Anak Randwick Sydney melalui program Zero Childhood Cancer membuat terobosan baru pada pengobatan penyakit kanker. Melalui program tersebut, setiap penderita kanker diberi pengobatan secara spesifik. Kespesifikan pengobatan tersebut didasarkan pada informasi genetik yang didapat dari sampel tumor atau kanker pasien.

Informasi genetik yang didapat akan berguna untuk membimbing dokter untuk membuat keputusan mengenai pengobatan yang akan dilakukan. Manfaat lain dari pengobatan itu adalah berpotensi untuk memperbaiki atau mengubah subtipe kanker pada anak. Analisis informasi genetik dari sampel kanker akan membantu mengidentifikasi obat yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit kanker pada anak. Dengan demikian, anak-anak penderita kanker dapat memiliki harapan lebih tinggi untuk sembuh.

Baca : Inovasi Pengobatan Kanker Paru Pertama di Indonesia

Pengobatan spesifik tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko kegagalan pengobatan akibat dampak dari toksisitas obat. Selain itu, peluang kambuhnya penyakit kanker juga dapat diperkecil. Menurut Profesor Michelle Haber AM, direktur eksekutif Children’s Cancer Institute dan pimpinan penelitian untuk Zero Childhood Cancer, pengobatan spesifik akan memberi peluang lebih besar bagi anak-anak penderita kanker paling agresif untuk bertahan hidup.

Program tersebut dikerjakan oleh para dokter dari delapan pusat kanker anak dan para ilmuan dari 13 lembaga penelitian Australia dan Internasional  untuk menemukan dan merekomendasikan pengobatan baru untuk penyakit kanker.  Saat ini program tersebut telah mencapai tahap uji coba klinis nasional di Australia. Uji coba klinis tersebut diikuti oleh sekitar 400 anak penderita kanker dengan kondisi terparah di Sydney, Australia. Uji coba klinis ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki tingkat kelangsungan hidup kurang dari 30%.

Baca Juga : CancerSEEK : Tes Darah yang Mampu Mendeteksi 8 jenis Kanker dan Lokasinya

Profesor Haber mengatakan bahwa potensi hasil yang luar biasa tidak hanya akan dirasakan oleh 400 anak-anak dalam uji coba ini, namun data yang didapat nantinya akan berguna dalam pencegahan dan pengobatan kanker untuk orang dewasa dan anak-anak di masa depan. Data hasil uji klinis tersebut akan memungkinkan pilihan pengobatan berdasarkan bukti yang didapat dari percobaan tersebut dan dapat membangun repositori penelitian yang kuat untuk masa depan.

Sumber : http://www.labonline.com.au/

Baca : Penderita Kanker Usus Besar Meningkat pada Orang yang Lahir di atas Tahun 1990

 

Banner