susu-segar
Serba-Serbi

Rawat Benda Kesayanganmu Dengan Memanfaatkan Susu!

Manfaat susu

Jika selama ini kamu hanya tahu bahwa susu bermanfaat untuk kesehatan tubuh atau kecantikan kulit, ternyata manfaat susu bukan hanya berhenti di situ saja. Susu bukan hanya bisa kamu konsumsi tapi ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan susu.

Kali ini, LabSatu akan membahas manfaat susu untuk membantu merawat benda kesayanganmu. Manfaat susu ini jarang diketahui, terutama susu segar ya. Simak yuk!

Menghilangkan Noda Tinta

Salah satu dari banyak noda membandel adalah tinta. Entah tinta printer atau pulpen yang mengenai pakaian kesayanganmu. Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan noda tinta yang mengenai baju tanpa merusak serat pakaian? Tentu kamu ingin benda kesayanganmu kembali bersih tanpa meninggalkan bekas noda.

Baca : Cegah Kontaminasi, Begini Baiknya Pengujian Bahan Pangan

Tidak perlu khawatir dan bersusah payah memakai bahan kimia untuk menghilangkan noda tinta di baju. Ada satu alternatif cara membersihkan noda tinta pada baju kesayanganmu yaitu dengan memanfaatkan susu agar lebih terawat dan kembali seperti semula. Caranya mudah, kamu tinggal merendam baju yang terkena noda tinta. Agar efeknya lebih bagus, kamu bisa merendamnya semalaman. Namun, supaya tidak berbau, kamu bisa menyimpan rendaman baju dan susu tersebut dalam kulkas. Jika sudah direndam, kemudian cuci dan lihat keajaibannya!

Bagaimana susu bisa menghilangkan noda tinta di baju?

Hal ini bisa jadi berkaitan dengan kandungan lemak yang ada di susu. Tinta dibuat dengan menggunakan pelarut organik yang akan menguap ketika digunakan. Ini menjadi sebuah kunci bahwa pigmen tinta larut dalam bahan yang bersifat lipofilik atau hidrofobik dan lemak susu termasuk dalam kategori ini. Sehingga, merendam baju yang terkena noda tinta dalam susu secara perlahan akan mengembalikan tinta ke dalam larutan dan meninggalkan serat pakaian.

Bisa juga dilihat dari komponen tinta itu sendiri. Sebuah tinta biasanya akan menggunakan resin polimer yang berfungsi untuk menentukan karakter suatu tinta, menyebarkan partikel warna agar merata, mengatur viskositas, pembasahan dan ketahanan abrasi.

Nah, kasein adalah salah satu jenis polimer yang bisa digunakan untuk pembuatan tinta dan juga terkandung dalam susu yang didapatkan dengan cara pengendapan serta penambahan asam. Mungkin hipotesa ini bisa ditujukan pada alasan mengapa susu dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda membandel di baju.

Hanya saja, perlu pembuktian lebih jauh nih, bagian apa yang berperan dan bagaimana mekanismenya. Kamu tertarik untuk meneliti lebih jauh?

Mengembalikan Kilap Pada Benda Perak

Punya benda-benda yang terbuat dari perak dan sudah mulai terlihat usang? Tentu kamu ingin benda perak kesayanganmu kembali cling dong!? Kamu bisa coba resep susu yang satu ini!

Yang perlu kamu siapkan hanya satu sendok makan perasan air lemon dan secangkir susu. Campurkan kedua bahan tersebut lalu rendam benda perak kesayanganmu selama semalam. Bandingkan sebelum dan sesudah perendaman? Apa yang terjadi? Benda kesayanganmu jadi terlihat lebih cling kan!

 

Susu juga bermanfaat dalam merawat benda perak kesayanganmu agar kembali bersinar seperti baru.

Melembabkan Rambut

Mungkin manfaat susu yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Ya! Susu bisa kamu manfaatkan untuk kondisioner rambut. Susu akan memberi manfaat bagi rambut.

Baca : 2 Manfaat Pemberian ASI Bagi Bayi Prematur Yang Akan Mengubah Segalanya

Rambut adalah mahkota. Tentu kamu ingin rambutmu bukan hanya lembut dan indah tapi juga sehat kan. Tidak ada salahnya lho, mencoba resep ini sesekali. Caranya pun terbilang sederhana. Usai keramas, kamu tinggal ambil susu secukupnya dan tuangkan ke rambut lalu bilas dengan air bersih.

Mengilapkan benda berbahan kulit

Punya jaket kulit? Atau benda lain yang terbuat dari kulit? Bingung cara perawatan benda-benda berbahan kulit? Kamu bisa memanfaatkan susu untuk mengembalikan performa dan merawat benda kesayanganmu yang berbahan kulit.

Caranya, tinggal ‘semir’ saja benda kulit kesayanganmu dengan susu. Tuangkan susu ke kain bersih yang akan kamu gunakan untuk menyemir, kemudian gosokan pada benda kulit favoritmu hingga bersih mengkilap.

Itu dia manfaat susu untuk membantu merawat benda kesayanganmu. Selamat mencoba!

 

Baca Juga :

Warna Biru Terbaru Ditemukan Setelah 200 Tahun Lamanya
Kenali Aneka Labu di Laboratorium dan Fungsinya
5 Mitos Keliru Tentang Sains