Banner
Sains

Rahasia Warna Hitam-Putih Pada Tubuh Panda

Hitam-putih pada tubuh panda

Panda termasuk spesies beruang yang ditemukan di Pegunungan China wilayah Tengah dan Barat. Hewan lucu ini juga termasuk salah satu hewan yang langka. Hewan ini mempunyai warna yang unik yaitu hitam-putih. Selain warnanya, panda juga memiliki bulu yang tebal. Para peneliti tertarik mencari tau tentang warna hitam-putih pada tubuh panda.

Tentang Panda

Rahasia Warna Hitam-Putih Pada Tubuh Panda

 

Hewan yang mempunyai tubuh besar ini juga tidak seagresif spesies yang sama dengannya. Mereka mempunyai 6 jari untuk memudahkan mereka mengambil makanan. Selain dari warnanya yang unik, hewan satu ini secara teknis sebenarnya adalah karnivora. Mereka menjaga diri mereka dengan memakan bambu. Panda bisa menghabiskan bambu kira kira 40 kg sehari.

Pengamatan

Tim Caro dari California State University dan University of California akhirnya dapat mengungkapkan tentang warna pada tubuh panda tersebut. Dari pengamatan tersebut, Tim Caro menduga warna hitam-putih pada panda berasal dari pola makan mereka. Keterbatasan warna tersebut karena rendahnya nilai nutrisi bambu sebagai makanan utama mereka. Panda tidak seperti beruang yang ada waktu hibernasinya. Mereka juga lebih sering mencerna bambu sebagai makanannya. Hal itulah yang membuat mereka berpindah sepanjang tahun. Mereka mencari makanan ke dalam hutan dalam berbagai keadaan dari gunung bersalju hingga hutan tropis.

Rahasia Warna Hitam-Putih Pada Tubuh Panda

Tim Caro membandingkan beberapa panda di tempat berbeda untuk mengamati bulunya. Dari hasil perbandingan tersebut, sebagian besar panda berwarna putih dibagian perut, wajah, leher dan pantat. Hal tersebut berguna sebagai pertahanan hidup mereka sebagai kamuflase untuk bersembunyi di daerah bersalju. Pada lengan dan kakinya yang berwarna hitam untuk membantu mereka bersembunyi dibawah bayangan.

Rahasia lain dari warna hitam-putih pada tubuh panda terletak di lingkaran hitam di sekitar matanya. Hal tersebut berguna sebagai alat komunikasi mereka atau sebagai sinyal agresi kepada pesaing atau predator yang mencoba mengganggu. Telinga panda yang hitam juga untuk memperlihatkan keganasan mereka untuk menakuti predator.

Tidak Mudah Punah

Rahasia Warna Hitam-Putih Pada Tubuh Panda

Panda sempat menjadi hewan yang terancam punah, dimungkinkan karena berkurangnya naluri bertahan hidup panda. Namun, hal tersebut tidak menjadi ancaman lagi karena didapat hasil yang meyakinkan dari pengamatan warna pada bulu panda tersebut. Dari pengamatan tersebut dipercaya jika panda tidak akan mudah punah karena mempunyai mekanisme bertahan hidup yang baik meskipun tidak agresif.

Baca Juga :

Menguak Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan
3 Cara Paling Mudah Untuk Hilangkan ‘Mata Panda’ Kamu Selamanya
Rawat Kulit Dan Pencernaanmu dengan Arang Aktif
Banner