Berita

Public Health Expo 10

Public Health Expo 10 

Public Health Expo 10 merupakan program kerja dari Departemen Pendidikan dan Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (BEM IM FKM UI) setiap tahunnya. Tema tahun ini mengangkat tentang “Early Moment Matters: Taking Action To Deal With Neonatal Mortality in Indonesia”. Rangkaian acara terdiri dari:

1. Roadshow

Dimulai pada pertengahan Juli hingga akhir Agustus, beberapa panitia turun ke SMA se-Jabodetabek untuk mempromosikan semua rangkaian acara untuk para siswa/i terutama acara Fun Health Promotion, Speech Contest, Public Lecture dan Explore Department. Roadshow mendapatkan cukup perhatian dan antusias yang baik dari pihak sekolah maupun dari siswa/i SMA. Roadshow tahun ini berhasil mendatangi 10 sekolah di Jabodetabek.

Public Health Expo 10fkm-ui-2

2. Fun Health Promotion

Pada hari Minggu tanggal 10 September 2017 pukul 07.00 WIB telah diadakan Fun Health Promotion yang bertempat di Car Free Day Jakarta. Tema acara mengenai Let’s Act to Increase the Knowledge about Neonatal Mortality in a Fun and Healthy Way! dengan sederet rangakaian acara berupa cek kesehatan dan konsultasi kesehatan gratis bagi pengunjung tanpa batas usia tertentu. Selain itu juga dilengkapi dengan games dan photobooth contest berhadiah pulsa yang diikuti oleh masyarakat sekitar yang sedang menikmati olahraga pagi itu.

fkm-ui-3fkm-ui-4

3. Speech Contest

Pada hari Sabtu tanggal 23 September 2017 pukul 07.00-15.30 WIB telah diadakan Speech Contest yang bertempat di Ruang Promosi Doktor FKM UI. Tema kompetisi tahun ini yaitu mengenai Raising Awareness about Neonatal Mortality in Indonesia: We Care since We Young. Peserta dari Speech Contest merupakan siswa/i SMA dari seluruh Indonesia yang berjumlah 34 orang pada tahun ini. Lomba dimenangkan oleh Muhammad Athallah Arsyaf dari SMAN 87 Jakarta sebagai Juara 1, Nurul Izza Darmawan dari SMK-SMA Bogor  sebagai Juara 2, Reza Hanun Alyaa dari SMA Lazuardi GIS sebagai Juara 3, dan Khadijah Husnudini dari SMA 1 Depok sebagai Juara Best Draft. Acara ini diakhiri dengan pembagian sertifikat untuk seluruh peserta yang berpatisipasi dalam lomba ini.

Public Health Expo 10 Public Health Expo 10

4. Public Lecture dan Explore Department

Pada hari Sabtu tanggal 7 Oktober 2017 pukul 08.00 WIB diadakan Public Lecture yang bertempat di Aula G FKM UI yang dihadiri oleh 245 siswa/i SMA seluruh Indonesia. Acara ini bertemakan “Seeing the Neonatal Mortality Problem through Public Healh Pesrpective”. Khairunnisa, S.K.M selaku Alumni FKM dalam memaparkan FKM UI dan 4 dosen FKM UI berdasarkan prodi masing-masing. Dr. dr. Sudarto Ronoatmojo, S.K.M., M. Sc ( Prodi Kesehatan Masyarakat), dr. Umar Fahmi Achmadi, S.K.M., Ph, D (Prodi Kesehatan Lingkungan), dr. H. Engkus Kusdinar Achmad, MPH (Prodi Gizi), dan Mila Tejamaya, S. Si, MOHS, Ph.d (Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Acara berlangsung hingga pukul 10.00 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan Explore Department hingga pukul 15.30 WIB. Peserta mengelilingi wilayah kampus RIK dan FKM dengan dipandu oleh mahasiswa/i FKM UI. Setelah berkeliling, parasiswa/i mendatangi booth HMD FKM UI yang bertempat di Selasar Gedung RIK. Kemudian para peserta digiring menuju photobooth untuk berfoto.

Public Health Expo 10 Public Health Expo 10

5. Seminar Kesehatan Nasional

Pada 28 Oktober 2017 pukul 07.30-13.00 WIB di Auditorium RIK UI. Seminar ini merupakan rangkaian penutup dari Public Health Expo 10. Tahun ini seminar diangkat dengan tema “Early Moment Matters: How to Deal with Neonatal Mortality Rate in Indonesia” yang terbagi menjadi dua sesi sub tema. Di awal seminar telah dipaparkan pidato oleh Keynote Speech perwakilan Menteri Kesehatan yaitu dr. Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI. Sesi satu dalam seminar ini memiliki tema “Urgensi Kematian Neonatal di Indonesia” dan dimoderatori oleh Seala Septiani S.Gz, M.Gz Pembicara pertama dari perwakilan akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu dr. Asri C. Adisasmita,  MPH,  Ph. D dilanjutkan oleh mahasiswi berprestasi FKM UI 2017 yaitu Asti Shafira. Sesi dua dalam seminar ini memiliki tema “Manajemen Pelayanan Kesehatan Terkait AKI Dari Pusat Hingga Daerah” dan dimoderatori oleh Renti Mahkota,  SKM,  M.  Epid. Pembicara pertama dari Kepala Seksi Kesehatan Neonatal Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI yaitu dr. Nida Rohmawati,  MPH. Kemudian pembicara kedua oleh dr. Pancho Kaslam, DRM, MSc tentang “Newborn Advisor Expanding Maternal and Neonatal Survival – Save The Children”. Terakhir oleh pembicara ketiga yaitu penggerak Program EMAS di RSUD Sidoarjo dr. Muhammad Rizal Altway, Sp.A. Acara diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada peserta.

Public Health Expo 10 Public Health Expo 10

Banner