Berita

Ponsel Mempunyai Kontributor yang Besar Terhadap Keselamatan Penerbangan

Matiakan Ponsel Saat Take off Pesawat itu Penting

Menurut sumber informasi yang didapat dari ASRS (Aviation Safety Reporting System) bahwa ponsel mempunyai kontributor yang besar terhadap keselamatan penerbangan. Sudah banyak kasus kecelakaan pesawat terbang yang terjadi akibatkan oleh ponsel. Mengapa demikian?.

Berikut merupakan bentuk gangguan-gangguan yang terjadi di pesawat: Arah terbang yang tidak sesuai, Indikator HSI (Horizontal Situation Indicator) terganggu, Gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengar, Gangguan sistem navigasi, Gangguan frekuensi komunikasi, Gangguan indikator bahan bakar, Gangguan sistem kemudi otomatis.

Semua gangguan diatas diakibatkan oleh ponsel, sedangkan gangguan lainnya seperti Gangguan arah kompas komputer diakibatkan oleh CD & game Gangguan indikator CDI (Course Deviation Indicator) diakibatkan oleh gameboy. Dengan melihat daftar gangguan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa bukan saja ketika pesawat sedang terbang namun kita juga tetap harus berjaga-jaga ketika pesawat sedang bergerak di landasan pun terjadi gangguan yang cukup besar akibat penggunaan ponsel.

Baca juga : Ini Alasan Penerbangan Dilarang Dilakukan di Sekitar Letusan Gunung !

Mengapa demikian karena kebisingan pada headset Pilot penerbangan akan terputus-putus suara antara pilot dan pihak  menara pengawas penerbangan dan  mengakibatkan penerbang tak dapat menerima instruksi dengan jelas.

foto google : petugas menara penerbangan

informasi diatas ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terlebih yang sering menggunakan pesawat terbang. dan semoga kita semua makin sadar akan keselamatan saat di pesawat terbang.

Baca juga : Psikolog : Beredar Luas Foto Korban JT 610 Lion Air, Ini Tindakan Yang Harus Kamu Lakukan

Banner