Artikel Pilihan

Plaster Biru Pertolongan Pertama di Industri Katering

Pertolongan pertama juga sangat penting dalam industri katering. Resiko cidera yang terjadi di dapur juga tidak terhitung jumlahnya dari mulai teriris pisau, luka bakar, dan kecelakaan dengan mesin berat. Namun, cedera paling umum yang dapat terjadi  restoran atau bahkan di dapur rumah kita sendiri adalah jenis luka ringan di permukaan.

Sementara pencegahan dan pertolongan pertama pada cidera tersebut relatif kecil, dan tidak sedikit banyak yang mengabaikannya. Sehingga ditemukan banyak kasus darah akibat luka atau cidera yang dialami oleh juru masak tercecer pada makanan yang akan disajikan. Tentu saja makanan itu jelas tidak boleh dan tidak baik untuk disajikan dan cidera yang dialami juru masak harus segara di obati, apabila juru masak tersebut diharuskan terus memasak.

Solusi dalam menutup cidera yang dialami biasanya sederhana yaitu plester. Akan tetapi ada berbagai jenis plester dan memang ada alasan kuat untuk menggunakan satu plester tertentu di dapur.

Produk terkait: Sterochef Plester Khusus Untuk Industri Makanan & Katering

Pertolongan Pertama di Industri Katering

Ada tiga jenis plester yang umum yang sering digunakan pada industri katering diataranya plester Anti-air, plester kain dan dan plester biru.

  • Plester Anti air atau tahan cuci adalah plester merah muda yang biasa ditemukan di kotak P3K. Mereka dapat digunakan dalam banyak situasi, karena tahan air.
  • Plester kain menempel pada kulit dengan baik dan akan tetap menempel untuk sementara waktu. Namun, mereka tidak dibuat untuk digunakan di lingkungan di mana seseorang perlu bekerja dengan air.
  • Plester biru adalah standar industri katering. Dan plester biru ini sangat direkomendasikan oleh banyak ahli.

Alasan Mengapa Menggunakan Plaster Biru

Lalu lebih jauh lagi, Biosm Indonesia akan memaparkan beberapa alasan, Mengapa Plaster Biru Digunakan untuk Industri Katering?. Sedikitnya ada tiga alasan yang perlu dipertimbangkan diataranya:

  • Terbuat dari plastik, dan karenanya tahan air
  • Makanan berwarna biru jarang ditemukan, dan plester biru dapat dengan mudah terlihat jika jatuh. Ini adalah alasan terpenting kami menggunakan plester biru di dapur.
  • Menyajikan makanan dengan plester di dalamnya sangat tidak higienis dan akan kehilangan pelanggan Anda dengan cepat! Kain atau plester merah muda mungkin hilang dalam makanan dan tidak diperhatikan sampai terlambat.
  • Terkait dengan alasan sebelumnya, plester biru biasanya mengandung strip logam. Ini membuat logam dapat dideteksi, dan di lingkungan pemrosesan makanan yang lebih besar, produk dapat dimasukkan melalui detektor logam.

Poin Penting Menggunakan Plaster Biru

Dalam industri katering, kesalahan bisa mahal. Yang terpenting, mereka dapat membahayakan kesehatan konsumen. Tetapi bahkan jika mereka tidak menyebabkan bahaya nyata, mereka akan merugikan Anda pelanggan dan reputasi. Plester biru hanyalah salah satu contoh bagaimana katering menghindari kesalahan seperti itu.


Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara labsatu dan @Biosm_indonesia. Artikel ini pertama kali dimuat di https://info.biosm-indonesia.com/ dengan penyuntingan seperlunya oleh tim Labsatu News.

Article written by Elsa Labsatu

SHARE YOUR LIFE SCIENCE