Cancer

Pendengaran Menurun Disertai Pusing Vertigo, Waspada Gejala Penyakit Meniere

Pendengaran Menurun Disertai Vertigo, Waspada Gejala Penyakit Meniere

Pernahkah kalian mendengar penyakit Meniere? Mungkin akan asing di telinga kita apa itu penyakit Meniere, namun tak sedikit orang yang tidak menyadarinya. Meniere merupakan sebuah kelainan langka yang terjadi di area telinga bagian dalam, saat sedang kambuh maka penderita akan merasa seperti berputar di sekelilingnya yang dikenal juga dengan sebutan vertigo. Penyakit ini lebih banyak di derita oleh perempuan dengan usia antara 20 sampai 60 tahun, namun tak sedikit pula pasien laki-laki.

Baca Juga: Deteksi Kanker Lebih Dini Menggunakan Tes Darah?

Gejala Penyakit Miniere

Gejala penyakit ini berupa pendengaran mendengung atau tinnitus juga vertigo sekitar 20 hingga 3 jam yang di alami penderita memang tidak bisa di prediksi dan perbedaan serangan.

Berikut gejala lainya penyakit ini:

  • Telinga seperti tertekan atau penuh,
  • Menurunnya pendengaran atau aural fullness,
  • Menurunnya kemampuan bicara,
  • Sulit saat berjalan atau terjatuh,
  • Nyeri pada bagian dada,
  • Kehilangan penglihatan atau penglihatan ganda,
  • Lemah pada area tangan dan kaki,
  • Denyut jantung semakin lambat atau semakin cepat.

Penyebab Penyakit Miniere

Para ahli mengungkapkan bahwa penyakit ini belum bisa di temukan apa penyebabnya, namun para ahli menyebutkan penyakit Meniere disebabkan penumpukan cairan pada salah satu telinga dalam yang disebut labirin, dan diyakini menyebabkan pusing vertigo.

Baca Juga: Insomnia Bisa Sebabkan Sakit Mental?

Cairan yang menumpuk di bagian labirin di sebut dengan endolymph, penumpukan endolymph di labirin mengganggu keseimbangan normal dan sinyal pendengaran antara telinga bagian dalam dan otak. Sehingga oleh sebab itu para peneliti meyakini penyebab vertigo yang di alami penderita penyakit Menire.

Berikutnya pencegahan penyakit Meniere dibahas pada artikel selanjutnya.


Mau Cek ujilab darah kunjungi LABID LabSatu Dapat penawaran harga terbaik untuk setiap pembelian alat dan bahan laboratorium di Labsatu.com

Logo Labsatu



Sumber /:  Hellosehat.com


Editor : Marisa

Banner