Gaya Hidup Sehat

Payudara Mengecil Karena Terlalu Banyak Minum Kopi?

Labsatu News. Para peneliti dari Universitas Lund di Swedia melakukan penelitian terhadap wanita yang suka mengkonsumsi kopi, meminum kopi setidaknya tiga cangkir kopi sehari membuat risiko kanker  payudara pada wanita 33% lebih rendah dibandingkan perempuan. Mereka juga menemukan bahwa perkembangan terhadap pasien kanker payudara juga lambat dengan konsumsi kopi tinggi dibandingkan dengan para pasien yang tidak atau jarang mengkonsumsi kopi.

Walaupun dianggap memiliki efek positif kepada kesehatan payudara, Helena Jernstrom pemimpin penelitian dari Universitas Lund di Swedia. menambahkan bahwa “Minum kopi dapat mempengaruhi ukuran payudara”. Penelitian itu di sahkan dan pernah di publis  British Journal of Cancer  bahwa meminum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari sudah cukup untuk menyebabkan ukuran payudara yang lebih kecil.

Baca juga ; Kopi Dapat Mempertahankan Kestabilan Gula Darah

Baca juga ; Minum Kopi Dapat Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Parkinson

Kekhawatiran muncul di kaum wanita mengenai hal ini, namun perlu diingat payudara kamu tidak akan menyusut dalam semalam. Penelitian itu menunjukkan perempuan yang meminum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki ukuran payudara sekitar 17% lebih kecil dari mereka yang meminum kurang dari tiga cangkir kopi sehari, ditambah bahwa efek kopi pada ukuran payudara akan semakin kuat bergantung pada berapa banyak jumlah cangkir kopi yang diminum.

Terlepas dari hasil temuan itu efek kopi berdampak pada hormon wanita, yaitu estrogen, dan juga bisa mempengaruhi tingkat hormon laki-laki yaitu testosteron. dan banyak yang percaya bahwa gaya hidup yang seimbang merupakan kunci hidup sehat. dan perlu diingat  pula  kafein dianggap baik untuk pencegahan kanker, dan juga kandungan kafein dalam kopi menghambat penyerapan kalsium pada tubuh.

Baca juga ; Mengapa Daging Olahan Memicu Timbulnya Kanker Payudara ?

Baca juga ; Menyusui Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Dan berita baiknya studi belum sampai menemukan fakta jika seorang wanita mengkonsumsi kopi juga bisa bisa berakibat mengurangi kekenyalan atau kepadatan payudara. Sisi positifnya, studi yang dilakukan peneliti dari Universitas Lund ialah menemukan bahwa banyak konsumsi kopi bisa memiliki dampak positif bagi kesehatan payudara.

Para peneliti percaya bahwa efek kopi berkaitan dengan dampaknya dalam hormon wanita, yaitu estrogen, dan juga bisa mempengaruhi tingkat hormon laki-laki yaitu testosteron.

Baca : Risiko Terkena Diabetes Meningkat Akibat Konsumsi Daging Merah dan Unggas ?

Banner