Banner
https://news.labsatu.com/parade-planet-yang-menghiasi-malam-di-bulan-maret/
Sains

Parade Planet Yang Menghiasi Malam di Bulan Maret

Parade Planet Yang Menghiasi Malam di Bulan Maret

Bagi para stargazer, bulan Maret pasti akan menjadi bulan yang sangat menyenangkan pada tahun ini. Pada bulan ini, sejumlah planet akan menunjukkan dirinya dalam parade planet. Fenomena langit yang langka ini akan memperlihatkan bagaimana Jupiter, Mars, Saturnus, Merkurius, dan Venus akan menerangi langit bersamaan mulai pada 7 Maret dan hanya muncul sekali dalam beberapa tahun. Meskipun tidak semua planet akan terlihat pada saat yang benar-benar bersamaan namun pemandangan langit akan tetap terlihat indah. Fenomena langit yang seperti ini dikenal sebagai “parade planet”.

Apa itu ” Planet Parade ” ?

Planet Parade adalah fenomena langit langka dimana planet-planet terang “terlihat” berkumpul di langit dan dapat kita saksikan dengan mata telanjang. Beberapa planet akan tampak berada dalam barisan yang sempurna, seolah-olah berpawai melintasi langit malam.

Planet merah akan menjadi yang pertama muncul lalu disusul oleh planet yang sedikit redup lainnya. Pada malam itu, Jupiter akan terlihat sangat terang melebihi benda apa pun di langit kecuali Venus. Sementara planet lainnya seperti Mars akan terlihat berwarna merah, Saturnus akan berwarna emas akan terlihat jauh lebih redup dan akan muncul ketika mendekati fajar.

Baca Juga : 8 Event Langit yang Sayang untuk Dilewatkan di Tahun 2018

Kapan Parade Planet Terjadi?

Fenomena langit yang langka ini akan mulai terlihat di langit sejak 7 Maret dan akan berakhir dengan munculnya fenomena langit langka lainnya yaitu Blue Moon pada 31 Maret. Jika langit cukup cerah, kita dapat melihat sejumlah planet seperti Mars, Jupiter dan Saturnus sekitar tengah malam mulai tanggal 7 sampai 11 Maret. Lalu menurut NASA, Bulan akan bergerak di sepanjang garis bintang dan beberapa planet. Pada tanggal 7 Maret Bulan akan muncul  di dekat Jupiter. Lalu pada tanggal 8 Maret Bulan akan berada di antara Mars dan Jupiter serta berada di atas bintang terang Antares. Lalu berada di dekat Mars pada tanggal 9 Maret. Selanjutnya pada 10 Maret, Bulan berada di antara Mars dan Saturnus. Terakhir, Bulan akan berada di dekat Saturnus pada tanggal 11 Maret.

Berbeda dari ketiga planet sebelumnya yaitu Mars, Jupiter, dan Saturnus, Venus dan Merkurius akan lebih mudah ditemukan tepat setelah matahari terbenam antara 18 Maret dan 20 Maret. Venus akan bertindak sebagai pemandu kita untuk melihat Merkurius karena Venus sekitar 12 kali lebih terang daripada Merkurius. Lalu pada tanggal 18 Maret, Venus dan Merkurius  akan bergabung dalam parade planet tersebut dan akan terlihat sampai tanggal 20 Maret.

Parade Planet Yang Menghiasi Malam di Bulan Maret

Biasanya sejumlah situs seperti NASA, Weather.com, Space.com, Slooh.com dan EathSky.org akan menayangkan fenomena langit tersebut melalui acara streaming. Namun sayangnya, situs-situ tersebut belum memberikan konfirmasi terkait acara streaming fenomena langit tersebut.

Banner
English English Indonesian Indonesian