Metode Sterilisasi Panas Kering Dengan Oven
Pojok Labsatu

Metode Sterilisasi Panas Kering Dengan Oven

Buat kamu yang bergelut di dunia kesehatan atau penelitian di laboratorium, tentu tak asing dengan istilah sterilisasi, kontaminasi, mikroba dan sejenisnya.

Dalam kehidupan manusia yang begitu kompleks dan nampak makro, ternyata mikroba memiliki peranan yang cukup penting lho.. Biar bagaimanapun, makhluk mikroskopis ini bagian dari keseimbangan ekosistem.

Rekomendasi Bacaan: Mengenal Mikropipet: Apa Dan Bagaimana Pemakaian Serta Perawatannya

Banyak karakteristik dari mikroba, ada yang bermanfaat bagi manusia dan bahkan menjadi flora normal tubuh, ada juga yang bersifat patogen. Nah, mikroba patogen inilah yang sifatnya merugikan.

Keberadaan mikroba dalam media atau tempat yang tidak kita harapkan tentu akan mengganggu. Apalagi jika sampai berlebih dan menimbulkan penyakit atau kerugian. Misalnya saja E. coli yang sebenarnya wajar dan bahkan baik untuk pencernaan kita. Namun jika E. coli tersebut mencemari air yang kita minum, tentu ini akan mengganggu kesehatan.

Untuk itulah, dalam dunia kesehatan dan mereka yang berkecimpung dalam dunia penelitian di laboratorium, sterilisasi menjadi hal yang tak asing. Semua dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesteril-an baik alat maupun bahan yang akan dipakai.

Sterilisasi adalah suatu proses penghancuran secara lengkap semua mikroba hidup dan spora-sporanya. Ada lima macam metode yang bisa digunakan dalam sterilisasi yaitu penyaringan, gas, radiasi, uap panas, panas kering dan lain sebagainya.

Baca: 7 Bahaya Minum Air Es

Saat ini, yang akan kita bahas adalah sterilisasi panas kering. Dalam metode sterilisasi panas kering biasanya menggunakan oven.

Oven pensteril adalah salah satu jenis alat-alat kesehatan dari tabung bertekanan yang banyak digunakan dalam dunia kedokteran dan laboratorium.

Dalam bidang kedokteran dan laboratorium, oven pensteril berfungsi untuk mensterilkan instrumen alat-alat kesehatan dari kuman ataupun bakteri dengan cara memberikan udara uap panas dengan tekanan tertentu.

Pengertian Sterilisasi Panas Kering

Sterilisasi panas kering adalah metode yang umum dan paling efektif digunakan untuk sterilisasi peralatan gelas seperti cawan petri, pipet ukur dan labu erlenmeyer serta banyak alat-alat bedah.

OpenDoor_WithJetSprayRack_WD230LAB-350x250

Dengan menggunakan oven sebagai alat sterilisasi kering, maka alat gelas yang disterilisasi tidak akan timbul kondensasi sehingga tidak ada tetes air (embun) di dalam alat gelas. Namun sterilisasi panas kering juga biasa digunakan untuk mensterilkan cairan dengan kadar air sangat rendah dan perawatan serbuk obat.

Metode sterilisasi panas kering biasanya menggunakan Oven pensteril. Biasanya alat ini terbuat dari stainless steel, bentuk dan posisi elemen pemanas di ruang menjamin distribusi temperatur biasa. Keseluruhan proses terdiri dari pengeringan, pemanasan, sterilisasi dan pendinginan bertahap.

Sterilisasi Panas Kering Dengan Oven

Anda mencari penjual oven alat sterilisasi panas kering? Kini ada Corona ZTP80A yang merupakan salah satu merek alat sterilisator yang cukup populer.

Alat Sterilisator Corona ZTP80A

Keterangan gambar: Alat Sterilisator Corona ZTP80A

Sterilisator Corona memang menawarkan berbagai keunggulan dalam proses sterilisasi. Tidak seperti oven pensteril biasa yang memakai kisaran suhu 140 sampai 170 C dan memakan waktu hingga satu sampai empat jam lamanya, sterilisator Corona ZTP80A hanya memerlukan temperatur 125 C dengan waktu hanya 15 menit.

Sterilisator Corona menggunakan teknologi ozone, proses cleaning (sterilisasi), disinfeksi dan sinar gelombang bertemperatur tinggi. Semua proses ini dilakukan dalam waktu bersamaan. Sistem ini juga bekerja secara otomatis sehingga aman, karena mesin akan berhenti bekerja jika pintu ruang dibuka pada saat proses ozonisasi berjalan.

Sterilisasi panas kering umumnya digunakan untuk senyawa-senyawa yang tidak efektif disterilkan dengan uap air panas, karena sifatnya yang tidak dapat ditembus atau tidak tahan dengan uap air. Misalnya, minyak lemak, paraffin, petrolatum cair, gliserin, propilen glikol. Serbuk steril seperti talk, kaolin dan ZnO, dan beberapa obat lain.

Artikel pilihan: HATI-HATI! INI DAFTAR PEMBALUT DAN PANTYLINER MENGANDUNG ZAT BERBAHAYA!

Selain itu, sterilisasi panas kering juga sangat efektif untuk alat-alat gelas dan bedah. Namun karena suhunya yang tinggi, sterilisasi panas kering tidak dapat digunakan untuk penutup karet atau plastik.

Pemakaian oven pensteril juga terbilang simple dan praktis. Kamu hanya perlu memasang steker listrik, masukan bahan yang akan disterilkan, tekan tombol ON, kemudian tinggal atur temperatur dan waktu. Jika proses sterilisasi telah selesai, maka oven Corona ini akan berhenti automatis. Sisanya, kamu tinggal matikan alat dan ambil bahan yang telah disterilkan.

Simple dan praktis bukan? Cocok untuk kamu yang ingin mensterilkan alat laboratorium dan kesehatan dengan cepat dan efisien. Untuk pembahasan tentang sterilisasi menggunakan uap bertekanan (autoclave) bisa kamu baca di sini.

Banner