Banner
Menguak Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan
Kesehatan

Menguak Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Manfaat ubi jalar

Ubi jalar atau ketela rambat sering dipandang sebelah mata dan ternilai sebagai makanan kaum marginal. Namun, tahukah Kamu kalau tumbuhan yang mempunyai nama latin Ipomoea batatas ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Yuk, kita simak manfaat ubi jalar dibawah ini!

Ubi mengandung karbohidrat (pati), sukrosa, maltosa, glukosa, fruktrosa, lemak, protein, beta karoten, lemak, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, B2, C, dan asam nikotinat.

Menguak Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Kombinasi antara ubi jalar dan madu dipercaya mampu menyembuhkan penyakit rabun ayam. Caranya, ambil sebuah ubi jalar merah, bersihkan lalu parut. Kemudian saring dan campur dengan 3 sendok makan air serta 2 sendok makan madu. Konsumsi larutan ini sebanyak 3x sehari sampai sembuh.

Ubi juga dapat membantu mabuk perjalanan dan mual pada ibu hamil karena morning sickness. Karakteristik ubi jalar dengan kandungan karbohidratnya cenderung menimbulkan flatulensi setelah mengonsumsinya. Apa itu flatulensi?

Baca : 5 Cara Atasi Perut Buncit!

Flatulensi disebabkan oleh gas flatus yang merupakan hasil samping fermentasi karbohidrat yang tidak dicerna dalam tubuh, yang dilakukan oleh mikroflora usus. Adanya flatulensi ini akan membantu anda untuk mengeluarkan gas dan menurunkan asam lambung yang meningkat saat mabuk perjalanan.

Menurut pakar tanaman obat Prof Hembing Wijayakusuma, ubi jalar memiliki sifat kimia manis, dingin, astringen. Efek farmakologisnya berkhasiat sebagai tonik, menghentikan perdarahan. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah ubi dan daun.

Kandungan Ubi Jalar

Menurut Darmadjati saat Penelitian dan Potensi Bahan serta Produk untuk Kesehatan dan Kebugaran tahun 2003, karbohidrat yang tidak tercerna tersebut antara lain pati (resistant starch), oligosakarida (non digestibility oligisaccharides), dan polisakarida non pati (non starch polysaccharides) seperti komponen-komponen serat makanan.

Menguak Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Baca : Alpukat Bisa Sembuhkan Leukimia?!

Ubi juga kaya akan kandungan prebiotik, serat dan antioksidan. Salah satu jenis umbi-umbian yang paling terkenal adalah ubi jalar. (Direktorat Gizi Depkes RI, 1981, Suismono, 1995).

Seperti yang telah dikemukakan di atas, ubi jalar kaya akan beta karoten, antioksidan, vitamin, besi dan fosfor. Semua kandungan ini akan meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, berkat kandungan beta karoten, antioksidan dan anti karsinogen, yang merupakan penyebab warna pada kulit ubi jalar serta vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker. Terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal dan kanker pada organ dalam lainnya.

Masih banyak manfaat lain dari mengonsumsi ubi jalar ini, mengingat begitu banyak mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga :

Kurma Infused Water
Cegah Sakit Jantung Dengan Vitamin F
Air Putih Bikin Kurus?! Mitos Atau Fakta?
Banner
English English Indonesian Indonesian