Sains

Mengapa Tertawa Bisa Membuat Jantung Lebih Sehat?

Tertawa Bisa Membuat Jantung Lebih Sehat

Penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara emosi dan kesehatan kardiovaskular. Emosi seperti kemarahan, depresi, kecemasan, permusuhan dan isolasi dapat menyebabkan meningkatnya resiko terkena penyakit jantung. Menurut American Heart Association (AHA), tertawa, bahagia, dan rasa humor dapat membantu kita tetap sehat karena dapat menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan arteri dan meningkatkan HDL “kolesterol baik”. Menurut AHA, ada tiga alasan mengapa tertawa dapat membuat jantung lebih sehat, yaitu:

1. Meningkatkan Aliran Darah

Peneliti dari University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa tertawa dapat memperlancar aliran darah dengan cara melebarkan lapisan dalam pembuluh darah (endotelium). Selain itu, tertawa juga menyebabkan pelepasan beta-endorfin di hipotalamus yang menyebabkan pelepasan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Oksida nitrat adalah bahan kimia yang juga melindungi jantung dengan cara mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

Sejumlah peneliti mengatakan bahwa perubahan pada endotelium akibat tertawa sebanding dengan manfaat latihan aerobik atau konsumsi obat penurunan kolesterol seperti statin. Perbedaannya adalah tertawa terjadi secara spontan dan memberikan efek langsung.

2. Mengurangi Hormon Stres

Tertawa telah terbukti memiliki efek menguntungkan terhadap proses biokimia tubuh kita. Efek itu diantaranya yaitu tertawa mampu mengurangi hormon stres seperti hormon kortisol dan epinefrin. Meningkatnya hormon stres dalam tubuh kita dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit.

3. Meningkatkan Antibodi

Tertawa diketahui mampu meningkatkan jumlah sel penghasil antibodi sehingga sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat. Selain itu, menurut ahli jantung, Benico Barzilai, MD, tertawa mampu mengurangi respon negatif tubuh terhadap stress secara langsung dan memperlancar aliran darah baik pada pembuluh darah maupun jantung.

Baru-baru ini peneliti menyarankan untuk tertawa sera teratur untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berikut ini beberapa saran yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres dan tertawa lebih sering yaitu:

  • Menghabiskan waktu lebih banyak dan berkualitas dengan orang-orang yang disayangi dan dengan orang yang membawa tawa dan kegembiraan
  • Melihat segala sesuatu dari sisi positifnya
  • Menonton film atau serial TV komedi
  • Menjadi lebih humoris

Sumber : https://health.clevelandclinic.org

Banner