Gaya Hidup Sehat

Mengapa Saat Kita Tertawa Terasa Enak?

Banyak istilah yang mengungkapkan bahwa: tertawa itu sehat. Tertawa bisa membuat Anda lebih bahagia, melepaskan beban atau masalah Anda dan membuat Anda lebih senang.

Sebelum membahas mengapa tertawa itu enak, mungkin Anda akan bertanya mengapa kita tertawa saat kita melihat hal lucu atau saat kita di gelitik?

Apapun emosi yang muncul pada diri Anda itu tidaklah terjadi terjadi tanpa sebab, melainkan ada yang mempengaruhi. Hal tersebut dipengaruhi oleh reaksi kimia yang terjadi di otak Anda. Reaksi kimia inilah yang bertanggung jawab terhadap feel-good atau feel-weel yang Anda alami.

Dan pernahkah Anda bertanya mengapa tertawa terasa enak?

Jawabannya adalah :

Karena saat kita tertawa, otak kita melepaskan senyawa kimia yang terasa enak termasuk melepaskan hormon kebahagian dopamine dan endorfin yang akan membuat kita menjadi lebih rileks.

Tertawa juga banyak manfaatnya lho..
Dalam studi yang dipublikasikan American Journal of the Medical Sciences Desember 1989, menemukan bahwa tertawa adalah jenis pengusir stres yang baik, karena dapat mengurangi kortisol, epinephrine, dan zat buruk lainnya dalam darah.

Begitu banyak sekali manfaat dari sebuah tertawa bagi kesehatan misalnya tertawa membuat panjang umur, menurut para peneliti dari Duke-National University of Singapore (NUS) Medical School, orang tua yang bahagia hidup lebih lama. Dan berikut adalah artikelnya ;

Penelitian Ungkap Kebahagian Adalah Kunci Berumur Panjang

Tetapi jangan terus menerus tertawa yaa, tertawalah dengan bijak dan sesuai kondisi sekitarmu.. 🙂


sumber: WebMD


Menarik dan bermanfaat. temukan lebih banyak Fakta Sains Dari #LabsatuFaktaSains di sini

Dan jika kamu membutuhkan alat Laboratorium dan bahan uji lainnya bisa kamu temukan di Labsatu.com

Logo Labsatu

Editor: Marisa

Banner