Mengapa Mengkonsumsi Telur Mentah Tidak Baik untuk Kesehatan?

Telur Mentah Tidak Baik untuk Kesehatan

Telur merupakan makanan yang sederhana, hemat dan bergizi namun tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi mentah. Menurut Rachelle Williams, Ketua Dewan Food Safety Information Council Australia, telur mentah rentan tercemar oleh bakteri Salmonella. Oleh karena itu, makanan dan minuman yang disajikan dengan telur mentah perlu ditangani secara aman, baik dan hati-hati.

Selain rentan tercemar dengan bakteri Salmonella, protein dalam telur mentah lebih sulit diserap oleh tubuh dibandingkan pada telur matang. Sebutir telur kira-kira mengandung 6 gram protein. Dalam keadaan mentah, protein di dalam telur terikat dengan kuat sehingga tubuh sulit untuk menyerap protein dalam telur. Selanjutnya, ketika telur dimasak protein di dalam telur akan terurai dan bergabung satu sama lain sehingga warna putih telur berubah yang semula transparan menjadi putih. Orang yang mengkonsumsi telur yang dimasak akan menyerap sekitar 91% protein di dalam telur. Sedangkan orang yang mengkonsumsi telur mentah hanya dapat menyerap 50% protein yang terkandung di dalam telur.

Berikut tips yang dapat dilakukan untuk menghindari keracunan akibat mengkonsumsi telur mentah:

  1. Jangan menghidangkan telur mentah kepada anak kecil, wanita hamil, dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  2. Hindari mengkonsumsi telur dengan cangkang yang retak, karena bakteri Salmonella dapat mencemari telur tersebut. Jika terpaksa mengkonsumsinya, masaklah hingga benar-benar matang sempurna.
  3. Jangan memisahkan kuning dengan putih telur menggunakan cangkang telur jika ingin menghidangkan makanan dengan telur mentah. Sebaiknya pisahkan kuning dengan putih telur menggunakan alat pemisah telur.
  4. Jika cangkang telur terjatuh ketika dalam proses memasak, segera buang cangkang telur dan masak telur hingga benar-benar matang.
  5. Jika makanan atau minuman yang mengandung telur mentah terpaksa harus disimpan, simpan makanan atau minuman tersebut pada suhu <5 ᵒC agar bakteri tidak dapat tumbuh.
  6. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menyiapkan makanan atau minuman menggunakan telur mentah agar bakteri tidak mencemari makanan atau minuman tersebut dan lainnya.

Jika terdapat kotoran pada cangkang telur, segera hapus kotoran menggunakan tisu atau kain kering dan jangan mencuci telur dengan air karena dapat mentransfer bakteri dari cangkang telur ke dalam isi telur.

Sumber :

www.businessinsider.com

www.gizmodo.com.au