Mengapa Berenang Memiliki Lebih Banyak Manfaat Dibandingkan dengan Jenis Olahraga Lainnya ?
Gaya Hidup Sehat

Mengapa Berenang Memiliki Lebih Banyak Manfaat Dibandingkan dengan Jenis Olahraga Lainnya ?

Berenang Memiliki Lebih Banyak Manfaat Dibandingkan dengan Jenis Olahraga Lainnya

Berenang tidak hanya sebagai aktivitas olahraga, tetapi juga merupakan kegiatan rekreasi popular di dunia. Tidak hanya itu, berenang juga dapat menjadi keterampilan yang berpotensi  dapat menyematkan nyawa. Dibandingkan jenis olahraga lainnya, berenang memiliki lebih banyak manfaat.

Selain dapat menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan, berenang juga dapat menjadi media rehabilitasi, pembangun kepercayaan diri pada anak, dan olahraga kompetitif. Kabar baiknya, beraktifitas fisik lainnya di dalam air juga dapat memberikan manfaat yang sama seperti berenang. Berenang juga merupakan salah satu dari sedikit aktivitas fisik yang dapat dinikmati anak-anak tanpa merasa seolah-olah mereka sedang berolahraga dalam suasana yang terstruktur, seperti senam.

Salah satu aspek berenang yang menjadikannya bentuk latihan fisik yang luar biasa adalah ketika kita berenang, kita menggunakan hampir seluruh tubuh kita. Saat para perenang mendorong diri mereka sendiri melalui air, tarikan lengan dan kaki menendang melawan hambatan air. Sementara itu, otot-otot pinggul, punggung dan perut menstabilkan kepala, tubuh dan tulang belakang, sehingga memberikan latihan total pada tubuh.

Karena air lebih padat daripada udara, setiap tendangan dan ayunan lengan adalah latihan perlawanan, yang merupakan cara terbaik untuk membangun kekuatan otot. Selain itu, berenang juga memperkuat jantung dan paru-paru dan secara bersamaan mendorong aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh.

Menurut Basil Strasburg, terapis fisik Cleveland Clinic Rehabilitation and Sports Therapy, tidak seperti berlari dan melompat, berenang hanya memberikan sedikit tekanan pada sendi tubuh. Tidak ada pengaruh terhadap tanah, jadi sendi Anda terlindung dari stres dan tekanan, kata Mr. Strasburg. Selain itu, tubuh Anda menjadi lebih ringan ketika terendam dalam air. Tubuh dalam air hingga dada hanya memiliki 25 persen hingga 35 persen dari beratnya. Ketika terbenam ke leher, tubuh menanggung 10 persen dari beratnya sendiri. Air menopang 90 persen berat lainnya.

Dibandingkan dengan olahraga lain, berenang tidak terlalu membuat tubuh berkeringat sehingga menjadikan berenang bentuk latihan fisik yang sangat baik untuk anak-anak muda serta orang dewasa yang lebih tua. Selain itu, berenang juga memberikan bentuk rehabilitasi yang bagus untuk atlet yang cedera.

Sumber: health.clevelandclinic.org

 

Banner