Kesehatan

Makanan Dan Minuman Untuk Menurunkan Gula Darah

Konsumsi makanan dan minuman ini untuk menurunkan Gula darah

LabsatuNews. Indonesia merupakan negara dengan jumlah pasien diabetes terbanyak keempat di dunia, setelah India, China, dan Amerika Serikat. data ini dikutip dari laman dikti.go.id. Mengakaji hal itu, maka kita wajib mengetahui berapa batasan gula darah yang normal dan apakah kamu mengetahui berapa kadar gula normal dalam tubuh kamu? simak penjelasan lengkapnya di artikel ini

Kembali pada pembahasan makanan dan minuman untuk menurunkan kadar gula darah yang meliputi beberapa hal dan mengapa kita perlu menjaga kadar gula agar tetap normal. Mengapa demikian, karena kadar gula darah yang tinggi dan tidak kontrol bisa merusak pembuluh darah, saraf, serta organ vital lainnya seperti  ginjal, otak, mata dan jantung.

Makanan dan minuman yang di sarankan

Cermat dalam memilih makanan dan minuman sangat penting dan disesuaikan bagi anda yang mengidap kenaikan kadar gula darah, di antaranya:

1, Perbanyak konsumsi air putih 

Minum air putih secara teratur selain dapat menghindari dehidrasi juga dapat membantu mendorong kadar gula darah berlebih yang nantinya akan di keluarkan paksa lewat urine.

2. Konsumsi Cuka Apel

Efektivitas cuka apel sebagai metode pengobatan diabetes masih belum jelas. Akan tetapi Berbagai jenis cuka berkhasiat menurunkan kadar gula darah yang berlebih dan sebagian penelitian menunjukan seorang yang mengalami diabetes tipe 2 dianjurkan untuk melakukan salah satu cara dengan minum satu sendok makan cuka apel setelah selesai makan.

3. Perbanyak konsumsi makan yang kaya akan serat

Seperti yang banyak kita ketahui asupan serat dalam tubuh sangat dianjurkan selain itu asupan serat dalam tubuh bisa memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, sehingga gula darah dapat di lambat peningkatan nya. namun tahukah anda berapa asupan serat yang kita butuhkan? selengkapnya. Jumlah Asupan Serat Harian Yang Direkomendasikan Bagi Pria dan Wanita

4. Pilihlah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah

Makanan dengan indeks glikemik rendah sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, pasalnya makan dengan indeks  glikemik rendah dapat menghambat kenaikan kadar gula darah pada penderita. diantaranya makanan yang memiliki indeks glikemik rendah yang sering kita jumpai adalah buah-buahan, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan juga umbi-umbi.

5. Gunakan kayu manis dalam bumbu masakan

Selain memperkaya citra rasa sebuah masakan kayu manis sangat kaya akan manfaat diantaranya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan pastinya menurunkan kadar gula darah dalam tubuh mencapai 29%. dan selain itu pula dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh.

Disarankan Jauhi Alkohol 

 

Referensi : Cleveland Clinic (2017).

Baca Juga : 

Kopi Dapat Mempertahankan Kestabilan Gula Darah

Konsumsi Kopi Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2


Menarik dan bermanfaat, dapatkan informasi menarik lainnya seputar fakta sains di #LabsatuFaktaSains. Dapat penawaran harga terbaik untuk setiap pembelian alat dan bahan laboratorium di Labsatu.com

Logo Labsatu

Banner