susu dan yoghurt
Gaya Hidup Sehat

Makan Yoghurt Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Makan Yoghurt Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa My rating: 5 out of 5

Mengatasi masalah bau mulut saat berpuasa

Bulan suci ramadhan mengharuskan setiap umat muslim untuk berpuasa, yaitu menahan dahaga dan lapar sehingga keadaan perut kosong dan timbulah masalah Haliosis atau di kenal dengan istilah bau mulut. Wajar terjadi itu kepada setiap manusia yang sedang melaksakan kegiatan berpuasa dan malahan sebagian meyakini untuk tidak melakukan kegiatan gosok gigi setalah habis imsak atau terbit fajar.

Mengapa Bau Mulut Terjadi Saat Berpuasa?

Bau mulut kerap membuat kita kurang percaya diri saat berinteraksi. Mengapa bau mulut itu terjadi? Bau mulut timbul karena aktifitas bakteri dalam rongga mulut. Pada dasarnya bau mulut akan diminimalisir oleh produksi air liur yang mncapai 1-1.5 liter. Air liur akan membawa bakteri masuk ke kerongkongan lalu membawanya ke pencernaan. Bau mulut juga bisa di tibulkan dari sumbar makanan yang kita makan. Itu dalam kondisi normal atau kita tidak dalam kedaan berpuasa.

Berbeda ketika Anda dalam keadaan berpuasa, produksi air liur dalam rongga mulut semakin berkurang sehingga bakteri akan lebih lama mendekam dalam mulut. Hal ini tentu akan menyebabkan bau mulut meningkat.

Hal lain juga yang terjadi, yaitu asam lambung dan kondisi keasaman rongga mulut makin tinggi sehingga meningkatkan jumlah. Itu sebabnya dalam keadaan berpuasa bau mulut akan wajar terjadi. Labsatu akan memberikan tips kepada Anda tentang makanan yang dapat menetralisir bau mulut saat Anda berpuasa:

Makan Yoghurt Ketika anda Sahur

Yogurt mengandung bakteri baik (probiotik) yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri yang membahayakan. Lalu apakah yoghurt dapat menghilangkan bau mulut? tentu saja. pasalnya makan yoghurt setiap hari dapat membasmi kuman penyebab bau mulut, karena yogurt dapat membunuh bakteri. Yoghurt mengandung probiotik yang menjaga lambung dan mengisi sistem pencernaan. Tapi sebaiknya, pilih yoghurt yang tidak mengandung gula dan rasa (plain yoghurt).

Selain yoghurt juga banyak alternatif lain yang bisa Anda pilih untuk menghindari bau mulut saat Anda dalam keadaan berpuasa, dianatranya buah mentimun dan daun semanggi.


Baca juga :

7 Tips Lancar Berpuasa Untuk Lanjut Usia

Awas! Jangan Berbuka Puasa Dengan Yang Manis!

2 Tips Mencegah Maag Saat Berpuasa Supaya Tidak Kambuh


sumber: tim labsatu.


Menarik dan bermanfaat. temukan lebih banyak Fakta Sains Dari #LabsatuFaktaSains di sini

Dan jika kamu membutuhkan alat Laboratorium dan bahan uji lainnya bisa kamu temukan di Labsatu.com

Logo Labsatu

Banner