Lima Makanan Penghilang Pegal Setelah Berolahraga !
Gaya Hidup Sehat

Lima Makanan Penghilang Pegal Setelah Berolahraga !

Makanan Penghilang Pegal Setelah Berolahraga 

Merasa sangat lelah setelah berolahraga atau latihan fisik dengan keras? Rasa pegal sulit hilang setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik ?

Yuk coba lima makanan ini untuk meredakan lelahmu. Menyesuaikan makanan yang kita konsumsi dengan aktivitas kita mungkin dapat mengurangi kelelahan setelah melakukan aktivitas fisik.

Nyeri dan pegal yang tak kunjung hilang kemungkinan merupakan tanda terjadinya peradangan. Tanda-tanda klasik peradangan dapat berupa pembengkakan, nyeri, kemerahan dan kehilangan fungsi. Tanda-tanda tersebut biasanya muncul setelah terjadi cedera.

Peradangan merupakan bagian penting dari proses penyembuhan. Peradangan adalah respons biologis alami tubuh terhadap berbagai pemicu. Tubuh mencoba untuk menghilangkan pemicu ini sehingga jaringan tubuh dapat sembuh. Makanan yang kita makan kemungkinan dapat menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Menyesuaikan diet Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan memungkinkan Anda untuk terus berolahraga. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi peradangan:

  • Daging tanpa bumbu
  • Ikan segar
  • buah, sayuran, kacang-kacangan
  • Bumbu anti-inflamasi seperti kunyit, cengkeh, pala, jahe, kayu manis

Makanan tersebut  secara alami melawan peradangan karena berbagai nutrisi yang dikandungnya serta memiliki sifat:

  • Rendah indeks glikemik (kurang mungkin membuat lonjakan gula darah)
  • Kaya serat
  • kaya akan lemak omega-3 tinggi

Anda juga dapat mencoba beberapa makanan ini untuk mengatasi pegal setelah berolahraga dan melakukan aktivitas fisik.

1. Alpukat

Alpukat sangat baik untuk otak. Hal itu disebabkan karena alpukat merupakan sumber lemak baik, vitamin E, potasium, dan glutathione (antioksidan kuat).

Lima Makanan Penghilang Pegal Setelah Berolahraga

2. Almond

Kacang almod merupakan sumber kalsium, magnesium, kalium, vitamin E, glutathione dan lemak yang bermanfaat. Almond diketahui dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

 Lima Makanan Penghilang Pegal Setelah Berolahraga

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak  antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada mitokondria. Mitokondria merupakan mesin-mesin ini dalam sel-sel kita yang berperan untuk mencerna nutrisi dan menciptakan molekul-molekul kaya energi untuk digunakan oleh tubuh kita.

 Lima Makanan Penghilang Pegal Setelah Berolahraga

4. Rumput laut

Rumput laut merupakan sumber mineral yang sangat melimpah. Rumput laut mengandung selenium, magnesium, dan terkadang kalsium dan yodium.

 rumput laut

5. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari keluarga kubus-kubusan. Diantara jenis sayuran dari keluarga kubis-kubisan, brokoli mengandung agen detoksifikasi paling kuat. Sulphoraphane dan glutathione yang terkandung di dalam brokoli diketahui membantu melindungi otak Anda dari peradangan yang berlebihan.

Lima Makanan Penghilang Pegal Setelah Berolahraga

 

Sumber : health.clevelandclinic.org

 

Baca Juga :

Makanan dan Suplemen yang Dapat Meningkatkan Sensitivitas Insulin Secara Alami

Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Orang dengan Kulit Berjerawat

Banner