Berita

Kenapa Dapat Positif Alkohol Padahal Anda Bukan Peminum Alkohol?

Kenapa bisa positif alkohol padahal tak pernah sama sekali minum?

Minuman beralkohol, tidak hanya dikaitkan dengan kerusakannya pada tubuh kita juga pastinya dapat memabukan yang mengkonsumsinya. Hingga dalam beberapa kasus tes alkohol di butuhkan dalam berbagai kesempatan. Dapat kita ambil contoh semisal keetika polisi membutuhkan pemeriksaan untuk mendeteksi penyebab kecelakaan tunggal, sebelum pilot mengudara, atau bahkan dalam beberapa perusahaan mengajurkan tes urin untuk tes kerja.

Seperti yang kita ketahui efek samping dari alkohol dapat menyebabkan penikmatnya merasakan kesulitan otot untuk berkordinasi, kaburnya penglihatan, turunnya tekanan darah dan gula darah.

Tes Ethyl Glucuronide (EtG) merupakan tes yang  secara luas digunakan untuk mendeteksi keberadaan urin etil glukuronida, rincian etanol, atau kandungan dalam alkohol. Tes EtG bisanya tes dilakukan pada darah, rambut, dan kuku, tetapi tes urine adalah yang paling banyak digunakan. Namun muncul pertanyaan bagaimana dalam tes jika seseorang tidak pernah sama sekali minum alkohol sama sekali seumur hidupnya, mungkinkah hasil tes menujukkan reaksi positif? dan Jawabannya bisa mungkin terjadi! Mengapa demikian? Berikut ulasannya.

Sebuah penelitian di buktikan oleh peneliti dari Fakultas Psikiatri dari UF College of Medicine. Dipimpin oleh seorang asisten dosen dr. Gary Reisfield menyatakan banyak produk pembersih tangan yang mengandung etil alkohol.

Dalam penelitian dilakukan dengan meminta sukarelawan untuk menggunakan pembersih tangan  setiap lima menit dalam jangka waktu 10 jam selama 3 hari berturut-turut. Mengejutkan penelitian ini menunjukan hampir semua relawannya positif alkohol. Walaupun kadar etil yang di temukan lebih rendah dari pemabuk aktif.

Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa tidak semua yang postif dalam tes alkohol merupakan pemabuk aktif.

Baca juga :

Mengapa 4 Makanan Beralkohol Ini Baik Untuk Kesehatan?

Benarkah Cuka, Urin dan Alkohol Untuk Penanganan Sengatan Ubur-Ubur?!  


Sumber : verywellmind , livescience


Menarik dan bermanfaat. temukan lebih banyak Fakta Sains Dari #LabsatuFaktaSains 

Dan jika kamu membutuhkan alat Laboratorium dan bahan uji lainnya bisa kamu temukan di Labsatu.com

Logo Labsatu

Editor: Marisa

Banner