Kesehatan

Jangan Lagi Gunakan Tisu Pada Dudukan Toilet

Saat ini toilet umum tidak sulit untuk dicari. Namun, kebersihan toilet umum tidak bisa dipastikan dan kebanyakan dari kita sangat tidak nyaman dengan keadaan toilet umum yang hampir semuanya jauh dari kata bersih. Kebanyakan dari Anda semua pasti pernah menggunakan tisu toilet pada closet duduk dan mulai sekarang jangan lagi gunakan tisu pada dudukan toilet. Kenapa? Menurut pakar kesehatan tidak perlu melakukan hal itu untuk menjaga kebersihan kulit Anda.

Toilet umum sekarang lebih banyak menggunakan toilet duduk daripada toilet jongkok. Hal itu lah yag membuat kebanyakan orang menggunakan tisu sebagai alas pada dudukan toilet. Berikut adalah beberapa alasan dari pakar kesehatan untuk menghindari pemakaian tisu pada dudukan toilet saat Anda buang air.

1.Kulit adalah pelindung

Kulit adalah penghalang utama dari masuknya kuman ke dalam tubuh kita. Kulit sudah dirancang untuk bertindak langsung untuk menahan kuman.

2.Dudukan toilet adalah produk anti kuman

Jika Anda melihat dengan cermat dudukan toilet, bentuknya sudah dirancang sedemikian rupa dengan bantuk yang cenderung bulat dan melengkung dan teksturnya cukup halus. Bentuk tersebut diyakini untuk mencegah penyebaran atau penularan kuman dengan baik.

Jangan Lagi Gunakan Tisu Pada Dudukan Toilet

3.Sebagian besar kuman di toilet tidak bisa berkembang biak

Kuman-kuman di toilet sebenarnya tidak bisa berkembang biak. Walaupun kuman itu menempel pada kulit Anda, kuman tersebut tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang berarti.

Baca : Awar-Awar, Tumbuhan Liar Penangkal Bakteri

4.Tidak akan langsung sakit menggunakan toilet kotor

Jika Anda menggunakan toilet yang cukup kotor, Anda tidak akan langsung sakit. Namun, jika Anda menemukan toilet yang sangat kotor, lebih baik Anda tidak menggunakannya karena tisu pun tidak bisa menyelamatkan Anda dari kuman.

5.Tisu tidak dapat menyelamatkan dari kuman

Tisu yang Anda gunakan sebagai alas pada dudukan toilet bisa jadi tempat dimana baktei itu tinggal. Maka dari itu, tisu tidak disarankan juga dipakai untuk menyeka wajah, hidung atau bibir yang memungkinkan menjadi tempat masuknya kuman dari berbagai penyakit.

Jangan Lagi Gunakan Tisu Pada Dudukan Toilet

6.Lebih baik toilet jongkok

Toilet yang bagus untuk kesehatan tubuhmu adalah toilet jongkok. Hal itu juga yang menyebabkan kita harus menghindari penggunaan tisu pada dudukan toilet karena kita sebaiknya buang air dalam keadaan jongkok sehingga kulit kita tidak bersentuhan dengan dudukan toilet. Namun, Anda jangan pernah jongkok pada toilet duduk karena sangat berbahaya untuk keselamatan Anda.

Jangan Lagi Gunakan Tisu Pada Dudukan Toilet

7.Kuncinya adalah kebersihan tubuh dan cuci tangan

Jagalah kebersihan tubuh Anda agar terhindar dari kuman penyakit. Jika Anda rajin mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan atau setelah menggunakan toilet, Anda tidak akan mudah terserang kuman penyakit.

Jangan Lagi Gunakan Tisu Pada Dudukan Toilet

Baca : Bakteri Pengikat Nitrogen

Toilet mungkin bagi Anda tempat paling banyak kuman penyakit tetapi sebenarnya hal-hal yang Anda anggap bersih dan terhindar dari kuman seperti wastafel, gagang pintu, spons cuci piring atau pengering tangan adalah tempat yang memilki kuman lebih banyak. Bagi Anda yang perempuan sebaiknya jika menemukan toilet yang kotor, tidak boleh buang air di lantai toilet karena lantai toilet yang kotor lebih berbahaya dari dudukan toilet.

Baca Juga :

Bakteri Sudah Kebal Terhadap Antibiotik
Bakteri Pengurai Plastik Telah Ditemukan!
10 Tips Untuk Tetap Sehat Saat Musim Hujan

 

Banner