Ini Penyebab Kuatnya Aroma Durian !

Ini Penyebab Kuatnya Aroma Durian !

Memiliki aroma yang kuat membuat buah durian dijuluki sebagai “Raja Buah”. Meski banyak orang yang menyukai aroma durian yang khas dan kuat, namun tidak sedikit juga orang yang tidak menyukai aroma durian. Bahkan di beberapa tempat umum terdapat larangan membawa buah durian karena aromanya yang sangat kuat.

Baru-baru ini kelompok peneliti asal Singapura telah berhasil menemukan penyebab kuatnya aroma buah durian. Sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Jurnal Nature Genetics itu, melaporkan bahwa seluruh genome durian telah berhasil diurutkan untuk pertama kalinya di dunia.

Kelompok peneliti itu telah berhasil memetakan genome durian yang terdiri dari 46.000 gen, yang merupakan dua kali lipat dari jumlah gen manusia. Jenis durian yang genomenya berhasil dipetakan adalah Musang King. Musang King merupakan jenis durian yang memiliki tekstur halus dan aroma yang kuat.

Peneliti juga telah berhasil mengidentifikasi gen yang menyebabkan aroma durian sangat kuat. Methionine gamma lyases merupakan gen yang bertanggung jawab dalam pengaturan produksi senyawa volatile sulfur compouds (VSC). VSC merupakan senyawa yang terkandung dalam durian yang menyebabkan aroma durian sangat kuat.

Menurut Profesor Patrick Tan dari Duke-NUS Medical School, pemimpin penelitian tersebut anggapan orang selama ini bahwa aroma durian akibat adanya senyawa yang mengandung sulfur benar adanya. Hal itu terbukti dengan banyak senyawa VSC yang terkandung dalam buah durian. Menurut peneliti, tingginya kadar VSC dan tajamnya aroma durian sangat penting untuk menarik perhatian hewan untuk menyebarkan biji durian.

Sumber :

asianscientist.com