Ini Obat Darah Tinggi Yang Ditarik Dari Peredaran Oleh FDA !
Kesehatan

Ini Obat Darah Tinggi Yang Ditarik Dari Peredaran Oleh FDA !

 Obat Darah Tinggi Yang Ditarik Dari Peredaran Oleh FDA

Sejumlah obat tekanan darah tinggi ditarik dari peredaran karena diduga terkontaminasi pada saat diproses di Laboratorium, China. Kontaminan, yang dikenal sebagai NDEA, ditemukan dalam bahan utama obat yang dibuat oleh Zhejiang Huahai Pharmaceutical Co. di China. NDEA ditemukan secara alami dalam makanan tertentu, air minum, polusi udara, dan proses industry. Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, NDEA dapat menyebabkan kanker,

Pengumuman mengenai penarikan obat yang terkontaminasi ini menyusul setelah sebelumnya FDA mengumumkan daftar obat yang terkontaminasi pada Juli lalu.  Pada bulan Juli lalu FDA mengumumkan penarikan lima obat tekanan darah valsartan terpisah atas kemungkinan adanya kontaminasi NDEA dan NDMA.

NDMA yang ditemukan dalam produk valsartan diketahui dapat menyebabkan kanker berdasarkan hasil pengujian di laboratorium. Menurut FDA, Valsartan digunakan untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung. Kehadiran NDMA yang tidak terduga dalam obat tersebut dianggap terkait dengan perubahan dalam cara produk zat aktifnya.

Perusahaan obat Sandoz mengatakan telah menarik satu lot tablet losartan potassium hydrochlorothiazide. Obat yang ditarik diidentifikasi sebagai Losartan Potassium Hydrochlorothiazide, tablet 100 miligram atau 25 miligram dalam botol plastik 1.000-hitungan, NDC (Kode Obat Nasional) 0781-5207-10; Lot number JB8912; dengan tanggal kedaluwarsa 06/2020.

Berikut sejumlah produk valsartan yang ditarik kembali oleh FDA:

Perusahaan Obat

Valsartan Major Pharmaceuticals

Valsartan Solco Healthcare

Valsartan Teva Pharmaceuticals

Valsartan / Hydrochlorothiazide (HCTZ) Solco Healthcare

Valsartan / Hydrochlorothiazide (HCTZ) Teva Pharmaceuticals

Pasien yang menggunakan losartan harus terus minum obat tersebut, karena akan berbahaya apabila konsumsi obat tersebut dihentikan tanpa adanya obat alternatif lain. Segera hubungi dokter atau apoteker Anda untuk mendapatkan obat alternative untuk menggantikan penggunaan obat-obatan tersebut.

Saat ini, FDA sedang menyelidiki berapa banyak NDMA dalam produk yang ditarik kembali. Selain itu, FDA juga sedang menyelidiki efek samping obat tersebut pada pasien yang mengonsumsinya.

 

Sumber: www.webmd.com

Banner