Meminum Teh Hijau
Kesehatan

Ini Bahaya Meminum Teh Hijau Terlalu Banyak !

Bahaya Meminum Teh Hijau Terlalu Banyak

Teh hijau terbuat dari daun segar tanaman Camellia sinensis. Karena teh hijau adalah salah satu bentuk teh yang paling sedikit diproses, teh hijau mempertahankan sebagian besar antioksidan dan polifenolnya, yang diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selama ini teh hijau dikenal banyak memiliki manfaat kesehatannya. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol dan melindungi terhadap berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer. Namun berdasarkan penelitian terbaru ternyata teh hijau dapat berbahaya jika diminum dalam jumlah banyak.

Baca : Ekstrak Teh Hijau Meningkatkan Memori Otak

Beberapa penelitian telah melaporkan efek kesehatan negatif jika minuman tersebut dikonsumsi dalam dosis besar. Penelitian pada hewan telah menghubungkan konsumsi teh hijau berlebihan dengan penurunan berat badan yang dramatis dan gangguan perkembangan embrio. Selain hal tersebut, berikut beberapa efek samping meminum teh hijau dalam jumlah banyak.

1. Insomnia

Orang yang sensitif dengan kafein akan mengalami insomnia, kecemasan, mudah marah, mual atau sakit perut jika meminum the hijau terlalu banyak.

2. Berinteraksi dengan obat lain

Jika dikonsumsi bersamaan dengan obat stimulant, teh hijau diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

3. Meningkatkan tekanan darah dan detak jantung

Secara khusus, wanita hamil atau menyusui yang memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi, masalah ginjal atau hati, sakit maag, atau gangguan kecemasan seharusnya tidak mengkonsumsi suplemen atau ekstrak teh hijau.

4. Mengurangi efektivitas pembekuan trombosit

Orang yang mengkonsumsi obat antikoagulan seperti coumadin atau warfarin harus berhati-hati meminum teh hijau. Teh hijau diketahui dapat mengurangi efektivitas pembekuan trombosit. Selain efek samping yang telah disebutkan tersebut, hasil penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods,menunjukkan bahwa ternyata meminum teh hijau berlebihan dapat merusak fungsi reproduksi lalat buah dan perkembangan keturunannya. Meskipun belum dapat dipastikan apakah juga memberikan dampak yang sama pada manusia, peneliti menyarankan untuk tidak mengonsumsi teh hijau dalam jumlah besar.

Baca : Meminum Teh Ketika Panas Meningkatkan Risiko Terkena Kanker Kerongkongan ?

Efek Negatif Teh Hijau Pada Penelitian Menggunakan Lalat Buah

Seorang professor ilmu farmasi dari University of California-Irvine, Mahtab Jafari dan timnya meneliti efek berbagai dosis teh hijau pada lalat buah atau Drosophila melanogaster dengan memaparkan ekstrak teh hijau pada embrio lalat buah. Lalat buah sering digunakan untuk mempelajari penyakit manusia karena memiliki 75% gen yang sama yang menyebabkan penyakit pada manusia.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa 10 mg teh hijau menyebabkan perkembangan larva lalat buah menjadi lebih lambat. Selain itu, teh hijau juga menyebabkan pengurangan jumlah dan ukuran lalat buah menjadi signifikan.

Keturunan lalat buah jenis betina yang terpapar dengan 10 mg ekstrak the hijau menunjukkan penurunan dalam output reproduksi, serta pengurangan jangka hidup sebesar 17%. Selain itu, para peneliti menemukan 10 mg teh hijau menyebabkan kelainan morfologi pada organ reproduksi lalat buah, termasuk atrofi di testis dan ovarium. Teh hijau dapat melindungi lalat terhadap dehidrasi, tetapi juga meningkatkan kerentanan terhadap stres panas dan kelaparan.

Meskipun penelitian ini tidak mempelajari bagaimana teh hijau mempengaruhi perkembangan dan reproduksi lalat buah, mereka berhipotesis bahwa dosis tinggi minuman dapat memicu apoptosis berlebihan, atau kematian sel terprogram, untuk menghasilkan efek seperti itu. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuat rekomendasi yang pasti dalam mengkonsumsi teh hijau. Sebaiknya teh hijau dikonsumsi secukupnya.

Sumber : www.medicalnewstoday.com

 

Baca Juga :

Kopi Atau Teh Yang Lebih Baik Saat Berpuasa?

Apapun Makanannya, Minumnya Jangan Teh Ya!

Banner