Sains

Ini 5 Fakta Unik Ikan Arapaima Gigas

Lima Keunikan Ikan Arapaima Gigas

1. Arapaima dijuluki sebagai “Raksasa Air Tawar”

Arapaima adalah salah satu ikan air tawar tertua di dunia yang berukuran raksasa. Arapaima dapat tumbuh hingga 4,5 meter dengan berat yang dapat mencapai 200 kg menjadikan mereka salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Hanya ada dua spesies ikan arapaima dengan lidah bertulang yaitu Arapaima dan Arowana Afrika.

2. Arapaima menghirup udara

Arapaima mampu hidup di air yang sangat kotor yang tidak memiliki banyak oksigen di dalamnya. Kemampuan untuk menghirup udara memungkinkan arapaima untuk berkembang di perairan miskin oksigen, seperti daerah terpencil di mana air banjir mengandung banyak tanaman yang membusuk.

Arapaima memiliki kandung kemih berenang yang termodifikasi untuk membantu mengambil udara di atas permukaan. Ikan tersebut harus muncul ke permukaan air untuk bernapas setiap 10 hingga 20 menit sekali. Selain itu, Arapaima juga dapat bertahan hidup di luar air hingga 24 jam. Karena mereka bernapas di permukaan, mereka mudah ditangkap dan telah ditangkap secara berlebihan di banyak area.

3. Arapaima jantan menetaskan telur di mulutnya

Pada umumnya ikan meletakkan telurnya di sarang, namun berbeda dengan ikan arapaima. Kebanyakan jantan arapaima menyembunyikan telur di mulutnya atau memindahkannya ke area yang lebih aman untuk menghindari pemangsa. Arapaima melindungi bayi mereka di mulut mereka sampai mereka cukup besar untuk menjaga diri mereka sendiri. Sedangkan betina arapaima akan berenang di sekitar menjaga sarang dan jantan dengan telur di mulutnya serta menangkis predator di sekitarnya.

 4. Arapaima memiliki lidah yang bertulang

Arapaima merupakan ikan karnivora yang menggunakan mulut besarnya untuk menangkap mangsanya. Selain itu, Arapaima memiliki lidah bertulang yang membantu mereka menghancurkan dan mengunyah makanan mereka.

 5. Arapaima menciptakan ruang hampa ketika membuka mulut

Ketika ikan arapaima membuka mulut besarnya makan akan menciptakan ruang hampa yang mampu menyedot mangsa mereka. Selain memakan ikan, arapaima juga memakan saja yang ada di air, termasuk buah-buahan, biji-bijian, serangga, burung, dan mamalia. Artikel selengkapnya dapat diakses melaui Iheartanimals.com.

 

Banner