Kesehatan

Ini 4 Manfaat Coklat Hitam untuk Kesehatan Mata !

Manfaat Coklat Hitam untuk Kesehatan Mata 

Tidak seperti susu dan coklat putih, cokelat hitam memiliki proporsi cokelat yang lebih tinggi dan banyak bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun coklat hitam memiliki kadar gula dan lemak, yang juga tinggi tetapi jika dimakan dalam jumlah sedang dapat memberikan sumber zat besi, tembaga, magnesium, serat, seng, mangan, dan selenium yang sehat. Selain itu, cocoa yang terkandung di dalam coklat hitam memiliki banyak sekali antioksidan seperti flavonoid, dan flavon. Kandungan zat pada cokelat hitam ternyata juga baik untuk kesehatan mata. Berikut beberapa manfaat cokelat hitam untuk kesehatan mata:

1. Saraf Optik

Cokelat hitam merupakan sumber mineral tembaga alami yang bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan saraf optik. Sedikit asupan tembaga setiap hari dari satu porsi cokelat hitam dapat mencukupi lebih dari setengah kebutuhan harian mineral tembaga yang disarankan.

2. Degenerasi Makula

Degenerasi makula  sering dialami oleh orang dewasa lanjut usia akibat kerusakan retina. Degenerasi makula dapat sangat mempengaruhi penglihatan dan merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa di atas usia 60 tahun. Vitamin A dapat membantu melindungi terhadap degenerasi macula. Dark chocolate kaya akan Vitamin A yang berasal dari cocoa.

3. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata di mana saraf optik menjadi rusak. Apabila penyakit ini tidak diobati maka akan menyebabkan kebutaan. sebagian atau penuh. Flavonoid yang ditemukan dalam cokelat hitam dapat membantu menurunkan stres oksidatif yang dapat melindungi mata dari kerusakan lebih lanjut.

4. Penglihatan

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan kinerja visual pada orang dewasa muda. Kakao yang terkandung di dalam cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan retina. Hal tersebut mampu meningkatkan deteksi gerakan dan meningkatkan kemampuan untuk melihat huruf dengan kontras rendah. Artikel selengkapnya dpaat diakses melalui

 

Banner