Cara menggunakan mikropipet
Jurnal

Ingin Mikropipet Tidak Cepat Rusak? Coba Cara Ini!

Mikropipet tidak cepat rusak

Pekan lalu kita sudah membahas apa itu mikropipet, bagian-bagiannya dan bagaimana cara pemakaian dari mikropipet tersebut. Nah pekan ini, mari kita bahas bagaimana pemakaian dan perawatan mikropipet yang baik dan benar. Untuk menjaga agar mikropipet tidak cepat rusak dan tahan lama ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui nih. Simak ya..!

Baca : Pengertian Mikropipet dan Perangkat Pelengkapnya

1. Gunakan mikropipet sesuai ukuran

Dalam mengambil sample, kamu perlu memperhatikan berapa mili atau mikro liter sample yang akan kamu ambil. Karena hal ini dapat membuat akurasinya berkurang dan bisa merusak mesin mikropipet tersebut.

Jangan gunakan mikropipet untuk mengambil sample larutan dengan volume yang diluar jangkauan. Misal, mikropipet P100 digunakan untuk mengambil sample larutan dengan volume 1 mikroliter (volume terlalu kecil) atau larutan 150 mikroliter (volume diluar jangkauan).

2. Pastikan Tips Terpasang

Saat memasang tips pada mikropipet, jangan menekan terlalu keras dan berulang-ulang tapi juga jangan terlalu lemah karena nanti tips bisa jatuh. Pastikan tips terpasang dengan baik.

Ingin Mikropipet Tidak Cepat Rusak? Coba Cara Ini!

Jangan sekali-kali menggunakan pipet tanpa tips, karena larutan sampel tidak boleh masuk ke dalam mikropipet. Hal ini dapat menyebabkan mikropipet terkontaminasi dan tentu akan membuat mikropipet cepat rusak.

3. Perhatikan Kehati-hatian

Saat mengambil atau memindahkan sampel larutan, perhatikan konsistensi speed dan kelancaran saat menekan dan melepaskan tombol knop. Juga perhatikan posisi mikropipet dan tips saat mengambil sampel.

Ingin Mikropipet Tidak Cepat Rusak? Coba Cara Ini!

Pastikan tips pada cairan sampel berada pada posisi hampir vertikal dari pipet dan tidak membenamkan tips terlalu dalam pada sampel larutan yang akan kita ambil. Selama proses pengambilan sampel larutan, pastikan tips tetap berada pada larutan.

4. Hindari Hal Berikut!

Saat mengambil sampel larutan, jangan sampai ada gelembung udara. Karena gelembung udara yang ada dalam tips pasti akan mengurangi volume sampel larutan yang diambil. Tentu saja ini membuat sampel larutan yang kamu ambil tidak akurat.

Baca : Stem Cell, Harapan Dunia Kedokteran

Ketika mengambil larutan, jangan melepas tombol penekan secara tiba-tiba. Hal ini akan menyebabkan larutan masuk ke dalam mikropipet dan ketidakakuratan ukuran. Lepaslah tombol penekan secara perlahan dan terkontrol.

Ingin Mikropipet Tidak Cepat Rusak? Coba Cara Ini!

Terakhir, selama larutan dalam tips masih ada di ujung pipet, jangan taruh pipet seenaknya. Karena larutan bisa masuk ke dalam mikropipet dan menyebabkan kontaminasi.

Itu dia saran bagaimana menggunakan mikropipet yang baik. Nantikan artikel selanjutnya ya..! Ke depan kita akan bahas tentang perawatan mikropipet.

Baca Juga :

Antibiotik Umum Ampuh Lawan Infeksi “Superbugs”??
Lekas Lakukan Deteksi Dini Kanker Serviks, Sebelum Rahim Kamu Jadi Taruhannya
Telomerase, Enzim Istimewa Untuk Memperpanjang Umur Manusia

 

Banner