Ikan Tetra : Harapan Pengobatan Bagi Penderita Gagal Jantung
Kesehatan

Ikan Tetra : Harapan Pengobatan Bagi Penderita Gagal Jantung

Harapan Pengobatan Bagi Penderita Gagal Jantung

Penderita gagal jantung seringkali mengalami kehilangan sel jantung yang dapat merusak otot jantung sehingga membutuhkan transplantasi. Spesies ikan eksotis yaitu ikan tetra diketahui memiliki kemampuan luar biasa untuk memperbaiki jantungnya sendiri.

Ikan tetra adalah jenis ikan air tawar yang berasal dari daerah Amerika Selatan dan Amerika Utara bagian selatan. Banyak spesies ikan tetra yang populer di kalangan pemilik akuarium karena warna tubuh mereka yang unik dansangat mudah untuk dibudidayakan.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa saat ini ikan tetra sangat popular di kalangan peneliti. Sebagian besar spesies ikan tetra mampu menyembuhkan jantung mereka sendiri setelah mengalami kerusakan jantung.

Dr Mathilda Mommersteeg, seorang profesor di Universitas Oxford di Inggris, baru-baru ini memimpin tim peneliti yang berusaha memahami bagaimana ikan tetra mampu meregenerasi jaringan jantung. Tim melihat dua subspesies ikan tetra yang berbeda, yaitu Astyanax mexicanus, yang berasal dari Meksiko. Salah satu dari subspesies ini hidup di sungai, berwarna indah, dan dapat menyembuhkan jantungnya sendiri.

Ikan tetra dari subspesies lainnya, yang dikenal sebagai “blind cave tetra” menempati perairan gua Pachón di Meksiko. Ikan-ikan ini tidak hanya kehilangan warna dan penglihatan mereka, tetapi mereka tidak lagi memiliki kemampuan untuk meregenerasi jaringan jantung.

Dalam sebuah penelitian terbaru, tim Dr. Mommersteeg telah membandingkan profil genetik dari dua jenis ikan tetra untuk memahami ciri genetik apa yang mungkin bertanggung jawab atas kemampuan penyembuhan diri. Temuan penelitian, yang didukung oleh British Heart Foundation, dan diterbitkan dalam jurnal Cell Reports.

Di masa depan, tim peneliti berharap dapat mempelajari lebih lanjut mengenai mekanisme di balik kemampuan ikan tetra untuk menyembuhkan jaringan jantung mereka yang rusak. Peneliti ingin menggunakan pengetahuan ini untuk memperbaiki jaringan jantung pada orang-orang yang menghadapi masalah dengan organ jantung, seperti penderita gagal jantung.

Gagal jantung sering terjadi karena serangan jantung, di mana otot jantung menjadi rusak dan terus kehilangan sel otot jantung, yang menggantikan jaringan parut. Proses ini dapat membuat jantung tidak berfungsi dengan benar sehingga banyak penderita gagal jantung yang parah membutuhkan transplantasi jantung. Namun, jika ikan tetra dapat memberikan pengetahuan mengenai mekanisme cara menyembuhkan jantung, transplantasi jantung mungkin menjadi kurang dibutuhkan di masa depan.

Banner