Bahan Kimia

Gejala Keracunan Yang Ditimbulkan Oleh Amonium Hidroksida

Gejala Keracunan Yang Ditimbulkan Oleh Amonium Hidroksida

Keracunan zat-zat atau kimia sangatlah di takutkan terlebih beberapa bahan kimia yang nampak seperti air tidak berbau menyengat sehingga besar kemungkinan kita ceroboh salah gunakan zat-zat kimia

Jika zat-zat kimia yang berbahaya terkena pada tubuh manusia dapat membahayakan kelangsungan hidup. Bahan kimia beracun tersebut akan merusak jaringan tubuh terpenting sehingga mengganggu atau bahkan menghentikan fungsinya.

Pada pembahasan ini  Labsatu akan memberikan pemaparan tentang gejala keracunan yang akan ditimbulkan oleh Zat Kimia.

Amonium Hidroksida 

Biasa dikenal dengan sebutan air amonia, amonia rumah, dan amonium hidroksida merupakan larutan yang mengandung amonia yang terlarut dalam air.

Larutan ini dihasilkan karena amonia yang bereaksi dengan molekul air dalam larutan sehingga terbentuk ion Nh4+ dan OH- . Sehingga dirumuskan dengan NH4OH.

Gejala keracunan Amonium Hidroksida 

Gejala keracunan yang ditimbulkan oleh amonium hidroksida menyerang beberapa jaringan tubuh yang rentan terhadap keracunan diantaranya akan berdampak pada :

Pernafasan dan Paru-paru

kondisi ini seorang yang mengalami keracunan terhadap Amonium hidroksida akan mengalami Sesak nafas, Batuk, Pembengkakan pada tenggorokan juga Nafas terasa berat dan berbunyi

Mata, telinga, hidung dan tenggorokan

Tidak hanya bagian pernafasan dalam yang dialami sewaktu keracunan Amonium Hidroksida kita akan akan merasakan rasa sakit di tenggorokan, rasa terbakar pada hidung, mata, telinga, bibir atau lidah juga mata akan mengalami pandangan yang kabur.

Kerongkongan, perut, dan usus

Kondisi ini memungkinkan seseorang mengalami pendarahan pada saat buang air besar, rasa terbakar di kerongkongan juga perut Nyeri di bagian perut  serta muntah disertai pendarahan

Jantung dan peredaran darah

Seseorang yang mengalami keracunan akan mengalami pingsan atau tak sadarkan diri. Tekanan darah menurun dan paling buruk yang akan terjadi adalah perubahan drastis pH darah

Kulit

Gejala yang akan dialami pada bagian kulit ini diantaranya rasa terbakar juga terdapat lubang di jaringan kulit serta kulit mengalami Iritasi.


Baca Juga :

Pertolongan Pada Saat Keracunan Amonium Hidroksida

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Air Raksa (merkuri), Kegunaan dan Bahaya dibaliknya

Menarik dan bermanfaat. Temukan lebih banyak Fakta Sains Dari #LabsatuFaktaSains 

Dan jika kamu membutuhkan alat Laboratorium dan bahan uji lainnya bisa kamu temukan di Labsatu.com

Logo Labsatu


Sumber : medlineplus.gov/


Editor ; Atu

Banner