Banner
Gadget Alien Ini akan Membantumu Berbicara pada Komputer secara Telepati
Sains

Gadget Alien Ini akan Membantumu Berbicara pada Komputer secara Telepati

Gadget Alien Ini akan Membantumu Berbicara pada Komputer secara Telepati

Pernahkah kalian membayangkan bagaimana jadinya jika dunia kita berubah seperti dalam film futuristik?

Para penggemar cerita fiksi sains pasti akan merasa dihebohkan dengan datangnya evolusi termutakhir yang diciptakan oleh para ilmuwan di era paling modern ini. Kenapa bisa begitu? Ya, siapa sangka bahwa cerita dongeng bisa menjadi kenyataan dalam kurun waktu 10 tahun atau mungkin 50 tahun kemudian. Pernyataan tersebut dibenarkan saat para ilmuwan genius bersatu menciptakan sebuah ide fenomenal bagi kelangsungan hidup manusia di bumi.

Untuk meluruskan rumor skeptik diantara orang-orang yang berpegang teguh dengan pemikiran logika, sekarang sudah terbukti bahwa ilmuwan masa kini mampu merealisasikan keajaiban sistem komputer yang kemudian dapat diaplikasikan langsung ke tubuh manusia. Jika kalian sebelumnya pernah mendengar ide tentang kamera perekam yang diciptakan dalam bentuk lensa yang dipakai langsung di mata manusia, sekarang sudah ada kecanggihan komputer yang dapat membaca gerak mulut dari pikiran kita. Wah, kedengarannya tidak mungkin bagi banyak orang ya, namun percayakah kalian?

Dilansir dari futurism.com, beberapa peneliti di Laboratorium MIT Media mewujudkan sebuah teknologi baru bagi masyarakat dunia, dan telah mempresentasikan penemuannya di acara Konferensi Internasional bertema Intelligent User Interfaces pada bulan Maret di Tokyo, Jepang.

Namun, penampakan dari bentuk teknologi canggih ini bisa terbilang horror karena saat dipakai akan terlihat seperti tangan cumi-cumi yang menempel di pipi. Cara bekerjanya cukup unik loh, yaitu dengan pikirkan kata-kata yang hendak dikatakan, lalu alat tersebut akan menangkap sinyal gelombang pikiran kata-kata melalui otot yang menggerakan mulut.

Alat canggih ini disebut dengan nama the AlterEgo. Terdiri dari tujuh elektro yang diletakkan disekitar mulut (daerah pipi) untuk menangkap gelombang sinyal. Informasi yang kemudian ditangkap alat tersebut akan diproses terlebih dahulu sebelum ditransmisikan (wirelessly) pada alat gadget yang ada di sekitar ruangan.

Gadget Alien Ini akan Membantumu Berbicara pada Komputer secara Telepati

Penggunaan AlterEgo. Sumber: futurism.com

Softwere di dalam alat canggih tersebut masih terus dipraktekkan dan dalam proses perkembangan oleh beberapa orang partisipan untuk melihat hasil kerjanya, dan ternyata memang sangat akurat. Berita ini tentu saja terdengar sangat menakjubkan bagi pecinta sains!

Kita tahu sebelumnya ada program pintar yang kemiripannya paling mendekati AlterEgo, yaitu bernama Siri atau Alexa. Namun sebenarnya, penemuan ini bukanlah kali pertamanya dicoba oleh para ilmuwan, tentang bagaimana pikiran dapat ditransmisikan ke dalam komputer. Penemuan paling awal adalah sebuah alat yang dipasang langsung di dalam otak, tentu saja hal itu terdengar menakutkan. Coba bayangkan jika seseorang atau korban percobaan harus melalui tahapan membuka tempurung otaknya saat masih hidup untuk dimasukkan sebuah chip komputer. Mengerikan ya!

Gadget Alien Ini akan Membantumu Berbicara pada Komputer secara Telepati

AlterEgo sendiri memiliki beberapa keuntungan, sebagai berikut:

  • 92% cukup akurat dalam menerjemahkan pikiran ke dalam alat tersebut.
  • Alat portable yang bisa dibawa jalan-jalan, seperti halnya Bluetooth earpieces.
  • Alat ini tidak dapat langsung membaca pikiran otak yang tergolong personal, intinya tidak dapat membaca suara hati, kecuali kata-kata yang dibisikan di dalam mulut.

Alat ini adalah gebrakan mutakhir yang akan sangat membantu bagi tunawicara. Namun ada satu hal yang disayangkan, alat ini ditempelkan di sekitar mulut pipi yang akan membuat penampilan bakal terlihat super aneh bak alien saat dipakai di depan banyak orang. Tentu saja sebagian orang akan berpikir bahwa hal itu sungguh tidak nyaman.

Sekarang, bagaimana menurutmu? Apakah tertarik untuk mencoba alat AlterEgo?

Banner
id Indonesian
X