Terbaru

Fakta Mengenai Make Up yang Mengandung SPF

Make Up yang Mengandung SPF

Dalam aktivitas keseharian terutama aktivitas di luar ruangan sangat penting untuk menggunakan tabir surya. Penggunaan tabir surya terutama yang berspektrum luas berperan untuk melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar matahari. Sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dini, sementara sinar UVB dapat membakar kulit. Terlalu banyak paparan kedua sinar tersebut dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit.

Apakah makeup dengan SPF sama efektifnya dengan tabir surya?

Secara teknis, SPF yang terkandung di dalam tabir surya tidak berbeda dengan SPF yang terkandung di dalam make up, jadi sama-sama dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Namun demikian, menurut Sonia Batra, MD, dermatologis dan dokter kulit Santa Monica (pembawa acara The Doctor TV show), agar pemakaian SPF pada make up efektif, kita harus menggunakan make up sekitar 2 mg per sentimeter persegi kulit.

Namun sayangnya, orang-orang jarang mengaplikasikan make up sebanyak itu sehingga kurang efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk menggunakan SPF kembali setiap dua jam ketika berada di luar ruangan atau terpapar sinar matahari langsung dengan jumlah yang sama agar kulit mendapat perlindungan terbaik.

Karena hal itulah sebagian besar produk make up dengan kandungan SPF tidak cukup efektif untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Produk make up yang mengandung SPF membantu melindungi kulit dari sinar UV namun tidak dapat digunakan sebagai pelindung utama kulit. Hal tersebut tidak berarti kita harus menghindari make-up dengan SPF sama sekali, hanya saja kita tidak dapat menggantikan penggunaan tabir surya sepenuhnya.

Cara Terbaik Menggunakan SPF

Agar mendapatkan kulit kita mendapatkan perlindungan terbaik dari sinar matahari, sebaiknya gunakan pelembab dengan spektrum yang luas. Gunakan tabir surya SPF 30 atau SPF 42 untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi sebelum menggunakan riasan.

Sebelum mengaplikasikan riasan wajah, sebaiknya biarkan pelembab meresap ke dalam kulit selama beberapa menit. Kemudian, gunakan bedak tabur untuk membantu menyerap minyak dan mencegah lunturnya SPF. Penggunaan SPF 30 akan lebih efektif jika digunkan Bersama bahan aktif seperti zinc oxide, avobenzone, atau ecamsule.

Salah satu produk makeup yang harus selalu mengandung SPF adalah pelembab bibir. Bibir hampir tidak memiliki melanin sehingga membutuhkan perlindungan ekstra dari sinar matahari. Selain itu, pemilihan warna yang matte lebih baik dalam melindungi bibir dari sinar matahari dibandingkan warna-warna yang glossy yang lebih menarik sinar matahari. Artikel selengkapnya dapat diakses melalui womenshealthmag.com .

 

Banner