monas
Berita

Es Teh Campur Limbah Hantui Monas?!

Kawasan wisata Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas kini tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, pedagang es teh manis dikawasan wisata yang berada di Gambir, Jakarta Pusat ini diketahui menjajakan minuman yang bercampur limbah.

Semua bermula ketika Satpol PP mengadakan pengamanan dan pengawasan terhadap keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Monas pada Kamis (10/03/2016) lalu. Penertiban ini dilakukan karena adanya ulah usil sejumlah orang yang tetap berdagang dikawasan Monas. Diketahui, sejumlah pedagang, terutama pedagang minuman diduga menyelundupkan dagangannya.

Baca Juga:

Mengapa Melihat Gerhana Matahari Tak Bisa Pakai Kacamata Biasa?

Punya Masalah Gigi Sensitif? Hewan Laut Ini Solusinya!

Fakta Menarik Tentang Sampah Plastik

Dari hasil pengamanan dan pengawasan terhadap PKL ini didapatkan temuan pedagang yang menjual minuman yang dicampur dengan limbah atau air kotor. Diperkirakan, air kotor atau limbah yang digunakan untuk membuat es teh manis ini berasal dari saluran air peron Stasiun KA Gambir.

Sejauh ini, kasus es teh manis bercampur limbah masih dalam penyelidikan lebih lanjut. Petugas menduga kuat pedagang yang berinisial S menggunakan air limbah peron Stasiun Gambir lantaran lokasi yang biasa digunakan S beserta tempat penyimpanan nampan dan gelas plastiknya tepat dekat dan berada di bawah bak saluran air.

Perekonomian masyarakat menengah kebawah memang terbilang rendah. Himpitan hidup semakin meningkat. Maka salah satu cara untuk membantu mereka adalah dengan turut membeli barang yang mereka jajakan. Namun, sangat disayangkan jika ternyata kepercayaan tersebut dicederai dengan sikap seperti pedagang es teh manis bercampur limbah.

Para pedagang diharapkan dapat berhati-hati dan memperhatikan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan UU NO. 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Meskipun air buangan yang berasal dari saluran air peron Stasiun Gambir masih terlihat jernih, namun tentu air limbah tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan. Apalagi dibuat campuran es teh manis. Sangat mungkin air limbah tersebut tercemar berbagai mikroba seperti E. Coli dan beragam kuman penyebab sakit lainnya. Hal ini bisa membuat es teh manis bercampur limbah menjadi es teh manis berbahaya.

Buat Kamu yang suka berkunjung ke tempat wisata, ada baiknya berhati-hati dalam membeli makanan maupun minuman ya!

Baca Juga:

Bagian-Bagian Autoclave dan Fungsinya

Ini Dia! Daftar Produk Bersertifikat Halal MUI Terbaru

Mahasiswa ITS Harus Bangga! Peneliti Wanita Terbaik Dunia Ada di ITS!