Kesehatan

Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu

Karbohidrat termasuk sumber energi utama untuk tubuh kita. Jika kita mengurangi atau meniadakan sumber karbohidrat dalam tubuh kita, apakah tubuh kita tetap bekerja dengan baik? Saat ini kebanyakan para wanita sedang mencoba menurunkan berat badan dengan diet karbo. Apakah ada efek buruk dari meniadakan sumber karbohidrat dalam menu makananmu?

Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu

Sumber Energi

Metabolisme dalam tubuh kita setiap hari menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh. Energi tersebut sebagian besar didapat dari glukosa dan sebagian lagi dari lemak. Energi yang dihasilkan dari lemak disebut ketosis. Ketosis adalah kondisi metabolisme yang bersifat sementara sehingga tidak menggunakan glukosa dari makanan untuk menghasilkan energi namun memecah lemak di tubuh untuk menghasilkan energi.

Adapun perubahan dalam tubuh kita jika mengganti glukosa dengan lemak dalam menghasilkan energi,

Beberapa perubahan diantaranya seperti :

Nafsu makan menurun

Jika konsumsi karbohidrat lebih sedikit dan lebih banyak makan makanan yang mengandung protein, sayuran dan buah akan berpengaruh pada hormon pengatur rasa lapar.

Baca : Cara Alami dan Sehat Menaikan Berat Badan

Berat badan menurun

Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu

Tubuh yang kekurangan karbohidrat akan lebih mudah mengalami penurunan berat badan karena tubuh memecah lemak. Hal ini juga tergantung seberapa lama ketosis berlangsung, bisa seminggu atau bahkan lebih.  Tergantung juga pada tubuh seberapa cepat berhenti menggunakan lemak sebagai sumber enegi.

Peningkatan konsentrasi dan tenaga

Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu

Saat kekurangan glukosa, otak juga ikut beradaptasi untuk menggunakan sumber lain seperti senyawa keton untuk mengganti karbohidrat. Mekanisme tersebut membuat otak lebih berkonsentrasi dan mengingat.

Baca : Obat Kanker Menggunakan Bumbu Dapur?

Menekan risiko penyakit

Jika mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak akan mengakibatkan penyakit diabetes. Namun, jika Anda mengurangi konsumsi karbohidrat, Anda bisa terhindar dari pernyakit diabetes tersebut sehingga kadar gula darah Anda normal. Konsumsi serat atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, oat atau kue tradisional yang susah dikunyah akan membuat gula darah Anda tidak naik dengan cepat dan dapat mengeluarkan insulin.

Memang banyak manfaatnya untuk tubuhmu jika meniadakan karbohidrat dalam menu makananmu. Namun, metabolisme lemak dalam tubuh untuk mengganti glukosa juga memiliki efek samping yang dapat mengganggu aktivitasmu atau berbahaya untuk kesehatanmu. Contohnya seperti :

Mudah lelah

Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu

Kondisi ini terjadi pada waktu awal karbohidrat diganti lemak sebagai sumber energi. Pada saat awal tubuh beradaptasi, tubuh masih mengeluarkan sisa air dan karbohidrat selain menggunakan lemak sebagai bahan energi. Untuk mengatasi hal tersebut, tingkatkan konsumsi garam mineral sodium, potassium dan magnesium saat Anda mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit.

Sembelit

Kondisi ketosis disertai dengan pengeluaran cairan berlebih dan jumlah sisa makanan yang lebih sedikit sehingga penting untuk mengganti cairan tubuh dan memakan makanana yang mengandung sumber karbohidrat kompleks seperti nasi.

Baca : Mengapa 4 Makanan Beralkohol Ini Baik Untuk Kesehatan?

Insomnia

Rasa lapar yang timbul akibat kekurangan karbohidrat dapat membuat tubuh lebih sering terjaga saat malam hari.

Bau mulut

Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu

 

Perubahan bau mulut disebabkan peningkatan senyawa aseton pada urin dan napas. Jika tubuh sudah terbiasa menggunakan lemak sebagai sumber energi, kadar aseton tersebut akan menurun.

Sumber karbohidrat memang diperlukan oleh tubuh, namun jumlahnya memang harus dibatasi. Kekurangan karbohidrat juga tidak baik untuk tubuh dan kesehatanmu. Mulai sekarang atur pola makanmu dengan gizi seimbang agar kamu mendapatkan tubuh yang sehat dan yang kamu inginkan. Keep healhty ^_^

Baca Juga :

Obat Kanker Menggunakan Bumbu Dapur?
Cara Alami dan Sehat Menaikan Berat Badan
Ayo! Hitung Kalori Menu Makanan Idaman Anda!
Banner