gorila-harambe
Serba-Serbi

Demi Selamatkan Bocah, Gorilla Harambe Terpaksa Ditembak Mati

Harambe, gorilla dataran rendah barat yang terancam punah terpaksa ditembak mati oleh petugas Kebun Binatang Cincinnati pada Sabtu lalu. Aksi ini dilakukan demi melindungi seorang bocah yang terjatuh ke kandang si gorilla.

Sumber foto: mirror.co.uk

Harambe adalah gorilla pertama yang ditembak di kebun binatang AS. Sebelumnya pada 2004, Jabari seekor gorilla dataran rendah barat berusia 13 tahun juga ditembak mati. Jabari ditembak oleh petugas polisi karena melarikan diri dari Kebun Binatang Dallas dan menyerang beberapa orang.

Kematian Harambe yang berusia 17 tahun itu menjadi saksi nyata bahwa lagi-lagi karena ulah manusia, keberadaan satwa semakin langka. Pasalnya, Gorilla dataran rendah barat merupakan hewan yang terbilang semakin berkurang keberadaannya. Jumlahnya kurang dari 175.000 di alam liar.

Lalu 756 gorila seperti Harambe ada di kebun binatang di seluruh dunia. Dimana 360 diantaranya merupakan anggota program penangkaran. Jika bukan karena pemburuan liar, apakah harus ada pembunuhan yang terjadi karena kecerobohan manusia seperti yang terjadi pada kasus Harambe. Jangan sampai kejadian seperti ini kembali terulang dimasa mendatang.

===================================

Baca Juga:

Metode Praktis Deteksi Kandungan Histamin Dalam Makanan

7 Ilmuwan Berpengaruh dalam Sejarah Genetika

Nostalgia Alat Lab yang Pertama Dipakai dan Masih Terngiang Hingga Sekarang

===================================

Seorang pengunjung kebun binatang menyampaikan bahwa Harambe seolah ingin melindungi bocah yang terjatuh ke kandangnya tersebut. Namun pejabat kebun binatang membantah dan mengatakan bahwa bocah tersebut dalam bahaya. Hal ini dikarenakan Harambe seperti menyeret sang bocah melalui parit yang mengelilingi kandang.

Apapun itu, kita tidak dapat menyalahkan hewan yang memang tidak dianugerahi akal dan perasaan sesempurna manusia. Tapi pada tahun 1986 dan 1996, gorila di penangkaran AS dan Inggris pernah melindungi bocah yang terjatuh ke kandang mereka dan menuai pujian.

Biar bagaimanapun, kematian Harambe memetik simpati banyak orang. Para pengunjung pun meletakan kartu ucapan simpati untuk Harambe di kaki patung gorila yang terdapat di Kebun Binatang Cincinnati.

Sumber foto: bbc

Dengan kejadian ini, semoga pihak pengelola Kebun Binatang semakin meningkatkan sistem keamanan bagi para pengunjung. Juga semoga para pengunjung lebih waspada dan perhatian terhadap anggota keluarganya saat mereka tengah berwisata. Agar tidak ada lagi Harambe lain yang terpaksa ditembak mati karena kecerobohan manusia.

Lihat videonya di sini: