Dahsyatnya Khasiat Buah Semangka
Sains

Dahsyatnya Khasiat Buah Semangka

Buah Semangka

Buah semangka atau nama latinnya Citrullus Lanatus, tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci. Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning. Semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi, mencapai sekitar 92%. Bisa untuk melawan rasa haus dan mengatasi dehidrasi. Buah semangka mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk menghilangkan kolik.

Baca : Terapi Sehat Dengan Jus Buah dan Sayur

Dahsyatnya Khasiat Buah Semangka

Nilai Nutrisi Semangka per 100 g (3,5 oz)

  1. Energi 127 kJ (30 kcal)
  2. Karbohidrat 55 g
  3. Lemak 15 g
  4. Protein 61 g
  5. Vitamin A 876 IU.
  6. Vitamin B6 045 mg (3%)
  7. Folat (Vit. B9) 3 μg (1%)
  8. Vitamin C 1 mg (14%)
  9. Kalsium 7 mg (1%)
  10. Besi 24 mg (2%)
  11. Magnesium 10 mg (3%)
  12. Fosfor 11 mg (2%)
  13. Kalium 112 mg (2%)
  14. Zink 10 mg (1%)

Khasiat Buah Semangka

Selain dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah, kulit semangka mengandung klorofil yang baik untuk kelenjar dan darah. Bahkan sangat ampuh untuk mengobati atau mengurangi berbagai penyakit, diantaranya:

1.Menurunkan Kadar Korestrol, Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Stroke

Semangka sangat baik untuk pengidap hipertensi. Kandungan air, magnesium dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, adanya karotenoid didalamnya juga dapat mencegah pengerasan pada dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah.

2.Memperkuat Kerja Jantung, Mencegah, dan Menahan Serangan Jantung

Lycopene dan karotenoid yang ditemukan berlimpah di dalam buah semangka dapat meningkatkan fungsi jantung.

3.Membersihkan Ginjal

Buah semangka mengandung banyak sekali kalium yang sangat membantu dalam pembersihan racun-racun di ginjal. Selain itu, buah ini juga sangat membantu dalam mengurangi konsentrasi jumlah asam urat dalam darah, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan ginjal dan pembentukan bau ginjal.

 4.Mengobati Diabetes Tipe 2

Para penderita diabetes seharusnya melakukan diet rendah gula. Buah semangka dapat menjadi salah satu pengganti gula alternatif karena rasanya yang manis namun rendah kadar gulanya. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral didalamnya membantu berfungsinya senyawa insulin dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan tingkat gula rendah.

 5.Mencegah Kanker

Lycopene yang ditemukan sangat efektif dalam mencegah kanker karena mampu memperbaiki dan memperbaharui jaringan yang rusak. Likopen salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Tapi dibandingkan antioksidan lainnya seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Likopen inilah yang mampu mengupas bibit kanker. Banyak makan buah semangka setiap hari tak masalah, justru dapat menyusutkan resiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita.

Fakta

Semangka yang masih sekerabat dengan melon, labu-labuan dan ketimun ini sebenernya termasuk jenis sayur-sayuran, bukan buah. Buah semangka mengandung 92% air dan 8% gula. Lycopene, antioksidan yang terdapat didalamnya, jenisnya sama dengan apa yang terkandung pada tomat mentah. Secangkir semangka mengandung lycopene yang setara dengan apa yang dikandung dua tomat berukuran besar.

Baca : Cegah Keriput Dan Kanker Kulit Dengan Tomat

Semangka juga merupakan sumber betakaroten. Kulit buah semangka adalah sumber alami sitrulin, asam amino yang merangsang produksi nitric oksida yang memperlancar aliran darah melalui pembuluh arteri.

Tips Mengkonsumsi Buah Semangka

Dahsyatnya Khasiat Buah Semangka

  1. Setiap bagian buah semangka bisa dikonsumsi, bahkan biji (dijadikan kuaci) dan juga kulitnya.
  2. Buah semangka tahan 7-10 hari dalam suhu kamar.
  3. Saat memotong semangka, tutup bagian terbukanya dengan plastik wrap dan masukan kedalam kulkas.
  4. Hindari semangka yang masih mentah karena akan berasa sedikit asam.
  5. Ketika mengkonsumsi semangka, bagian hijau dekat kulitnya ialah bagian yang terpenting yang harus ikut anda makan selain warna merah atau kuningnya.

 

Baca Juga :

Khasiat Buah Delima Yang Diminta Raja Salman Saat Di Bali
Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu
Jangan taruh bahan makanan ini di dalam kulkasmu !
Banner