Cina Luncurkan Klinik Tanpa Tenaga Medis Pertama di Dunia
Kesehatan

Cina Luncurkan Klinik Tanpa Tenaga Medis Pertama di Dunia

Cina Luncurkan Klinik Tanpa Tenaga Medis Pertama di Dunia

Pada umumnya, rumah sakit kelas bawah di Cina terlalu ramai sehingga banyak orang yang merasa kesulitan mendapatkan layanan kesehatan dengan cepat. “Ping An Good Doctor’s” dan “One-Minute Clinics” diharapkan dapat memberikan solusi permasalahan tersebut. One-Minute Clinics merupakan klinik tanpa tenaga medis pertama di dunia  yang diciptakan di Cina.

Pada tahun 2016, rata-rata waktu tunggu termasuk waktu untuk transportasi pasien di Cina untuk mendapatkan layanan kesehatan yaitu 3 jam per kunjungan. Sedangkan waktu yang diperlukan dokter untuk mendiagnosa penyakit pasien rata-rata hanya 8 menit per kunjungan. Hal tersebut menyebabkan banyak pasien mengeluh dengan sistem layanan kesehatan seperti itu. Bahkan penyakit yang ringan seperti batuk dan pilek memerlukan waktu beberapa jam untuk pendaftaran dan antri.

Ping An Good Doctor dan One-minute Clinics adalah upaya untuk meyelesaikan permasalahan layanan medis seperti itu. Dengan teknologi Artificial Intelegent (AI) pasien akan mendapatkan layanan kesehatan tanpa perlu antri dan menunggu lama. Bahkan pasien dengan penyakit kronis dapat didiagnosis dan diobati hanya dalam waktu beberapa menit. Adanya One-minute Clinics diharapkan dapat memungkinkan kunjungan pasien dan pembelian obat untuk menjadi lebih baik, nyaman, serta menghemat waktu dan uang..

Pasien hanya perlu memberikan deskripsi tentang penyakitnya kemudian mendapatkan saran diagnostik awal untuk penyakit tersebut. Setelah konsultasi medis selesai, pasien dapat akan mendapatkan obat dan membayar biaya pengobatan tersebut melalui “Smart Medicine Cabinet”. Saat ini, “One-minute Clinics” telah dioperasikan di banyak area publik seperti Industrial Bank, China Unicom, BiliBili, Evergrande Healh Valley, Country Garden, dll. Selain itu, pengoperasian “One-minute Clinics juga telah mencapai hasil yang cukup baik.

One-minute Clinics beroperasi secara komersial untuk pertama kalinya di Wuzhen, Cina. Klinik ini menyediakan pelayanan medis berkecepatan tinggi, nyaman untuk penduduk terdekat daerah tersebut. Penempatan ‘ One-minute Clinics ‘ di daerah-daerah dengan lalu lintas yang tinggi seperti pasar dan tempat-tempat indah dapat menggantikan klinik tradisional dan menghasilkan penghematan biaya tenaga medis dalam jumlah besar setiap tahun.

 

Banner