Serba-Serbi

Cina Berencana Membuat Lab Bawah Laut di Kedalaman 10.000 Kaki

Lab Bawah Laut di Kedalaman 10.000 Kaki

Pernah dengar beberapa hal mencurigakan yang digarap oleh negara-negara yang memiliki teknologi muktahir? Nah, salah satunya yang cukup misterius adalah negara Cina. Ya, karena ada banyak peristiwa dan fenomena aneh nan ajaib yang sering terjadi disana. Seperti halnya sebuah penelitian atau proyek besar yang akhirnya melibatkan sains dengan dunia politik dan militer.

Kali ini, negara Cina berencana membangun laboratorium di bawah laut untuk kepentingan penelitian, namun negara tersebut memberi catatan penting kepada publik bahwa lab mereka akan memiliki beberapa fungsi militer.

Dilansir dari futurism.com, pembangunan laboratorium megah tersebut diumumkan dihadapan publik, yang rencananya akan di bangun pada kedalaman 3,000 meter atau sama dengan 9,800 kaki dibawah permukaan laut Cina selatan. Proyek ini adalah bagian dari perayaan ke-13 dari rencana perekonomian negara Cina, yang dicatat telah memasuki ranking ke dua dalam prioritas dari 100 sains dan teknologi dalam negera tersebut. Tujuan dari pembangunan laboratorium ini adalah untuk membantu Cina dalam pencarian bahan mineral di dalam laut, namun juga sempat disebut-sebut memiliki agenda militer negara.

Ilustrasi : Lab di bawah laut

Ilustrasi : Lab di bawah laut

Sayangnya, hanya ada sedikit informasi mengenai berita ini yang tersebar di publik. Sepertinya pemerintah Cina sengaja menutupi agenda mereka dibalik pembuatan lab megah ini.

Dalam pemaparan proyek ini, Menteri Saind dan Teknologi mengatakan bahwa akan ada banyak awak krew yang akan dikirim ke laboratorium di bawah laut tersebut untuk menjalankan uji coba tinggal selama satu bulan penuh.

Apakah hal ini aman bagi awak krew yang akan dikirim kesana? Umumnya, lokasi kedalaman laut tersebut cukup menantang secara geologis dan teknis, hal ini karena seringnya terjadi fenomena angin topan. Kawasan tersebut diperkirakan memiliki 125 miliar barel minyak dan sekitar 500 triliun kaki kubik gas alam. Cina sudah cukup menghabiskan 1.42 triliun yuan untuk penelitian dan pengembangan bangunan lab tersebut sejal tahun 2015, atau dalam kurs Indonesia sekitar 3 milyar. Wow, mereka tidak main-main dalam menginvestasikan banyak uang untuk proyek pembangunan ini.

Sejarah mencatat, Cina sebelumnya pernah membuktikan bahwa mereka mampu menyanggupi ambisi pembuatan lab bawah laut ini semenjak mereka mencetak rekor saat mereka mengirim “Submarine Jiaolong” untuk turun 7 kilometer, yaitu pada kedalaman 23.000 kaki ke Samudra Hindia. Jialong adalah sebuah submarine buatan Cina yang dapat menyelam sampai 7,000 meter jauh ke dalam laut.

Menariknya lagi, mereka menyebut proyek ini sebagai “Underwater Great Wall Project”, yaitu artinya “Proyek Tembok Besar di Bawah Laut”.

Hal terakhir yang sempat disampaikan pemerintah Cina mengenai proyek ini, bahwa ada sebuah sistem jaringan sensor yang diusulkan untuk dipasang disekitar bangunan lab bawah laut tersebut untuk membantu mendeteksi datangnya kapal selam AS ataupun Rusia.

Kedengarannya seperti semacam agenda rahasia yang akan dijalankan oleh pihak orang-orang dalam dari pemerintahan Cina. Apakah yang sebenarnya terjadi dibalik proyek besar yang menghabiskan uang triliunan ini?

Seperti halnya film-film Holywood yang sering sekali menggambarkan berbagai pertikaian agenda rahasia yang melibatkan pemerintah dengan para ilmuwan dan angkatan militer. Apakah artinya ada ilmu pengetahuan yang mereka rahasiakan nantinya dibalik tembok besar lab bawah tanah tersebut? Tentunya hal ini cukup membuat banyak masyarakat penasaran terhadap pemerintah Cina.

Berbicara mengenai agenda rahasia, apa yang terlintas dalam pikiranmu tentang proyek pembangunan lab bawah laut ini?

Banner