Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami Adalah Yang Kamu Cari, Ini Dia Jawabannya!
Serba-Serbi

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami Adalah Yang Kamu Cari, Ini Dia Jawabannya!

Cara mengatasi kebotakan

Siapa yang tak ingin mempunyai rambut indah yang lebat dan sehat? Apalagi untuk para wanita, rambut ibarat mahkota. Kerontokan pada rambut baik karena rambut yang patah maupun rambut rusak memang menyebalkan. Jika dibiarkan, kerontokan rambut tidak hanya akan mengurangi volume rambut tapi juga dapat mengakibatkan kebotakan. Tentu hal itu akan menganggu penampilan. Maka dari itu, ikuti cara mengatasi kebotakan dibawah ini.

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami Adalah Yang Kamu Cari, Ini Dia Jawabannya!

Baca : Kamu Vegetarian? Ini Dia Sumber Omega 3 Nabati

Buat Anda yang tengah mencari cara untuk menumbuhkan rambut secara alami, mungkin dapat mencoba salah satu dari empat macam daun berikut ini.

Daun Teh

Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan pada 2004 oleh Herlin dari Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi, Surakarta, menunjukan bahwa teh mampu memberi efek mempercepat pertumbuhan rambut. Hal yang senada diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Prasetya dari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Menurut penelitian dari Universitas Maryland Medical Center, teh memiliki senyawa yang dapat membantu menyuburkan rambut dan menyehatkan rambut, terutama teh hijau. Senyawa ini disebut dengan EGGG. Kagunaan senyawa ini bukan hanya baik untuk rambut tapi juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami Adalah Yang Kamu Cari, Ini Dia Jawabannya!

Senyawa EGGG dalam teh hijau mampu mengaktivasi dermal papillae yang merupakan bagian terpinting agar rambut tidak mudah rontok. Senyawa ini juga aktif merangsang pertumbuhan rambut. Teh hijau juga mengandung antiseptik yeng berfungsi menghilangkan sel kulit mati dan kotoran.

Folikel rambut yang terhalangi oelh sel kulit mati dan kotoran akan mengakibatkan rambut sulit tumbuh kembali. Jika didiamkan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kebotakan. Terlepas dari itu, penyebab utama rambut rontok adalah Dihidrotestosteron (DHT). Nah, teh hijau berkhasiat untuk mengurangi produksi DHT ini.

Daun Mangkok-mangkokan

Dengan aneka vitamin dan mineral yang terkandung pada mangkok-mangkokan, menjadikannya sering dipakai sebagai salah satu alternatif penumbuh rambut alami. Tumbuhan yang bernama latin Polyscias scutellaria ini mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menghaluskan beberapa lembar daun mangkok kemudian tambahkan dua gelas air dan saring. Nah, gunakan air tersebut untuk menggosok kulit kepala sambil sesekali dipijat lembut. Setelah selesai, bungkus kepala dengan handuk hingga semalaman. Keesokan paginya, bilas hingga bersih.

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami Adalah Yang Kamu Cari, Ini Dia Jawabannya!

Selain itu, sebuah riset yang dilakukan oleh Indah Purwantini dkk dari Fakultas Farmasi UGM, Yogyakarta, menunjukan bahwa kombinasi daun mangkok dengan daun teh sangat efektif untuk menumbuhkan rambut.

Dalam penelitiannya yang berjudul “Kombinasi Daun Teh Dan Mangkokan Sebagai Penumbuh Rambut” menunjukan bahwa kombinasi tersebut jauh lebih efektif jika dibanding daun mangkok dan teh digunakan secara sendiri-sendiri. Dengan kombinasi perbandingan terbaik adalah daun teh dan daun mangkok 2:1.

Bayam

Seperti halnya daun waru, bayam juga mengandung zat besi, protein, lemak, fosfor, vitamin A, B1, C dan kalium. Kandungan daun bayam ini tentunya sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan menyuburkan rambut.

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami Adalah Yang Kamu Cari, Ini Dia Jawabannya!

Waru

Tumbuhan yang bernama latin Hibiscus tiliaceus mengandung senyawa yang dapat mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut seperti flavonoid, saponin dan polifenol. Masing-masing senyawa ini memiliki peran yang baik untuk rambut Anda.

Flavonoid merupakan antioksidan yang mampu mereduksi dan anti radikal bebas yang kerap menjadi salah satu penyebab rambut rontok.  Dengan hilangnya radikal bebas tersebut akan mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca : 5 Bahan Kimia Rumah Tangga Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Senyawa saponin merupakan hasil metabolit sekunder dan berperan dalam pertahanan serta perlindungan tanaman. Dalam tubuh manusia, saponin ini berguna untuk meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Kurangnya aliran darah ke folikel rambut dapat menakibatkan kerontokan.

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami Adalah Yang Kamu Cari, Ini Dia Jawabannya!

Pada dasarnya, polifenol serupa dengan flavonoid yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Polifenol seperti antrakinon, yaitu bersifat antibiotik dan tanin yang berfungsi mengikat protein yang merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan dibutuhkan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Setiawati dkk pada tahun 2000 dengan judul Uji Efek Minyak Wijen, Ekstrak Daun Waru dan Ekstrak Daun Mangkok terhadap Pertumbuhan dan Kelebatan Rambut pada Tikus Wistar, Institut Teknologi Bandung, terbukti mampu mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca Juga :

Ini 4 Bayi dan Balita Yang Mengidap Penyakit Langka
Unik! Ikan Ini Bisa Memanjat dan Berjalan Di Darat!
Kurma Infused Water