Diagnostics

Beberapa Penyebab Sendawa Diantaranya Karena Ulcers

Beberapa Penyebab Sendawa Diantaranya Karena Ulcers

Sendawa selain di kaitkan karena perut kekenyangan juga sering di kaitkan dengan masuk angin. Definisi orang tentang masuk angin pun berbeda-beda. Kalau memang udara benar-benar masuk ke tubuhnya sehingga menyebabkan gas berlebihan di lambung, dan Intinya penyebab dari Sendawa adalah karena ada gas yang berlebihan dalam lambung.

Berikut beberapa penyebab sendawa yang jarang kita sadari penyebabnya:

Intoleransi laktosa

Banyak orang kekurangan protein yang berfungsi memecah laktosa (gula alami) dalam susu. Jika Anda salah satunya, maka kemungkinan usus Anda tidak dapat mencerna sepenuhnya makanan yang mengandung susu. Sebagai gantinya, laktosa akan berfermentasi di perut Anda dan menyebabkan penumpukan gas. Gas ekstra yang disebabkan ini dapat membuat Anda bersendawa. Perut Anda mungkin terasa kembung atau sakit juga. Solusinya bagi orang yang mengalami Intoleransi terhadap laktosa harus menghindari makanan dari susu atau memilih versi bebas laktosa. Anda juga dapat mengambil produk bebas yang membantu tubuh Anda mencerna laktosa.

Baca Juga : Cara Bedakan Antara Perut Kembung Dan Masuk Angin, Ketahui Juga Cara Pencegahannya

Acid Reflux

Terkadang, asam lambung kembali ke tenggorokan Anda. Banyak terjadi pada Anda yang lagi hamil, obesitas, atau perut Anda tidak mencerna makanan secepat yang seharusnya. Acid Reflux merupakan sebuah penyakit pencernaan yang mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan anda akan merasakan seperti ganjalan di tenggorokan, Anda akan menelan lebih banyak untuk mencoba menyingkirkannya. Ini bisa membuat Anda bersendawa. Antasid yang dijual bebas dapat membantu gejala ringan, atau anda bisa konsultasi pada dokter. Untuk kasus yang parah, operasi mungkin menjadi pilihan.

Asma

Anehnya, bersendawa bisa juga pertanda anda mengalami asma. Alasannya? Jika saluran udara Anda meradang, Anda harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan cukup udara ke paru-paru Anda. Ini juga memberi tekanan ekstra pada dalam diafragma. Kedua perubahan ini dapat memaksa gas masuk ke tenggorokan dan membuat Anda bersendawa.

Baca Juga : 9 Keajaiban Yang Diberikan Air Alkali Untuk Kesehatan Tubuh

Stres

Masalah usus lebih sering terjadi pada orang yang gelisah atau tertekan atau stres. Jika Anda gugup, Anda mungkin menelan banyak udara. Beberapa orang sengaja melakukan ini, tetapi Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda melakukannya. Bagaimanapun, itu mengarah ke sendawa.

Masalah Pankreas

Pankreas merupakan kelenjar panjang di sebelah perut Anda. Itu  membantu Anda mencerna makanan Anda. Jika pankreas meradang, Anda memiliki penyakit apa yang disebut “pankreatitis.” Selain gejala bersendawa, Anda mungkin muntah, merasa kembung, tersendat, atau demam. Jika Anda curiga menderita pankreatitis, temui dokter Anda.

Baca juga Ini Dampak Stres Terhadap Kesehatan Pencernaan yang Harus Diwaspadai !

Ulcers

Merupakan sakit pada lapisan esofagus, lambung, atau usus kecil. Luka terbuka di lapisan perut ini cukup umum. Infeksi dapat menjadi penyebabnya. dimana penderita juga bakalan banyak menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen. Jika Anda menderita maag, Anda dapat bersendawa lebih banyak dan merasa kenyang atau kembung setelah makan makanan berlemak. Perut Anda juga bisa sakit setelah makan. Dengan pengobatan, ulcers sering hilang dalam waktu 2 bulan.


Sumber : webmd.com


 

Banner