Serba-Serbi

Bayi Berumur Enam Bulan Menggunakan Hand Phone

Lebih dari sepertiga dari bayi di dunia memencet tombol  pada smartphone dan tablet bahkan sebelum mereka belajar berjalan atau berbicara, dan dengan usia satu tahun, satu dari tujuh balita menggunakan perangkat untuk setidaknya satu jam sehari, menurut sebuah studi baru.  Lebih dari sepertiga dari bayi menekan pada smartphone dan tablet bahkan sebelum mereka belajar berjalan atau berbicara, dan dengan usia 1 tahun, satu dari tujuh balita menggunakan perangkat untuk setidaknya satu jam sehari, menurut sebuah penelitian yang disampaikan di Pediatric Academic Societies (PAS) pertemuan tahunan di San Diego. The American Academy of Pediatrics melarang penggunaan media hiburan seperti televisi, komputer, smartphone dan tablet terhadap anak di bawah umur 2. Sedikit yang diketahui, namun, ketika anak-anak benar-benar mulai menggunakan perangkat mobile. Para peneliti mengembangkan sebuah survei 20 item untuk mengetahui kapan anak-anak yang pertama terkena media mobile dan bagaimana mereka menggunakan perangkat. Kuesioner diadaptasi dari ” Zero to Eight ” survei nasional Common Sense Media penggunaan media anak.

Orang tua dari anak-anak usia 6 bulan sampai 4 tahun yang berada di klinik pediatrik berbasis rumah sakit yang melayani masyarakat berpenghasilan rendah, masyarakat minoritas direkrut untuk mengisi survei. Peserta ditanya tentang jenis perangkat media apa yang mereka miliki dalam rumah tangga mereka, usia anak-anak di paparan awal untuk media mobile, frekuensi penggunaan, jenis kegiatan dan jika dokter anak mereka telah membahas penggunaan media yang dengan mereka. Hasil dari 370 orang tua menunjukkan bahwa 74 % orang Afrika-Amerika, 14 %Hispanik dan 13 % memiliki kurang dari pendidikan sekolah tinggi. Perangkat media yang di mana-mana, dengan 97 % memiliki TV, 83 %  memiliki tablet, 77 %  memiliki smartphone dan 59 %  memiliki akses Internet. Anak-anak muda < 1 tahun terkena perangkat media dalam jumlah sangat besar: 52% telah menyaksikan acara TV, 36% telah menyentuh atau menggulir layar, 24% telah menelepon seseorang, 15%digunakan aplikasi dan 12% bermain video game.

Umur 2 tahun, kebanyakan anak-anak yang menggunakan perangkat mobile.

Penulis utama Hilda Kabali, MD, seorang dari Departemen Pediatrics di Einstein Healthcare Network, mengatakan hasil mengejutkannya. “Kami tidak berharap anak-anak menggunakan perangkat dari usia 6 bulan,” katanya. “Beberapa anak-anak di layar selama 30 menit.”  Hasil juga menunjukkan 73% orang tua membiarkan anak-anak mereka bermain dengan perangkat mobile saat melakukan pekerjaan rumah tangga, 60% sementara menjalankan tugas, 65% untuk menenangkan anak dan 29% membiarkan anaknya tidur.  Waktu yang dihabiskan pada perangkat meningkat dengan usia, dengan 26% dari 2-year-olds dan 38% dari 4-year-olds menggunakan perangkat selama setidaknya satu jam sehari. Akhirnya, hanya 30% orang tua mengatakan dokter anak anak mereka telah membahas penggunaan media yang dengan mereka.