Bakteri Usus Dapat Mencegah Penyakit Diabetes Yang Terkait dengan Usia
Sains

Bakteri Usus Dapat Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Bakteri Usus Dapat Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus mengungkapkan bahwa tikus tua yang kehilangan salah satu jenis bakteri usus berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Dalam penelitian tersebut diketahui tikus tua memiliki lebih sedikit bakteri Akkermansia muciniphila dibandingkan dengan tikus muda. Penelitian tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine.

Kehilangan bakteri jenis itu  pada tikus dapat memicu peradangan yang akhirnya menyebabkan sel mengabaikan sinyal dari hormon insulin. Peristiwa dimana tubuh tidak dapat merespon keberadaan insulin disebut resistensi insulin dan merupakan ciri khas diabetes tipe 2.

Sebelumnya para peneliti telah menduga bahwa bakteri dan mikroba lain yang ada di usus terlibat dalam proses penuaan. Namun demikian, para peneliti belum dapat memahami bagaimana bakteri dan mikroba usus mempengaruhi prosesnya.

Baca : Bakteri Usus Penting Dalam Sistem Kekebalan Tubuh

Monica Bodogai dan rekannya dari the U.S. National Institute on Aging in Baltimore meneliti hubungan antara usia tikus dan bakteri usus yang dimilikinya. Tikus yang kehilangan bakteri A. muciniphila atau Akk, dan mikroba menguntungkan lainnya memiliki permasalahan pemecahan serat makanan menjadi asam lemak rantai pendek, seperti butirat dan asetat. Asam lemak tersebut merupakan berperan sebagai sinyal pada bakteri dan memiliki fungsi khusus  pada sel manusia.

Para peneliti menemukan bahwa kehilangan Akk menyebabkan produksi butirat yang lebih sedikit.Selanjutnya, kehilangan butirat memicu reaksi berantai dari disfungsi sel imun yang berakhir dengan sel-sel tubuh tikus mengabaikan keberadaan insulin.

Mengobati tikus tua dan kera rhesus tua dengan antibiotik yang disebut enrofloxacin meningkatkan kelimpahan Akk dalam usus hewan dan membuat sel-sel merespon insulin lagi. Memberikan hewan tua butirat memiliki efek yang sama, menunjukkan bahwa mungkin ada beberapa cara untuk menghentikan resistensi insulin pada orang tua di masa depan.

Sumber : www.sciencenews.org

Baca Juga : 

Merasa Cemas ? Bakteri Usus Anda Mungkin Penyebabnya

6 Jenis Pemanis Buatan Ini Sebabkan Bakteri Usus Beracun

Banner